10 Aktor Papan Atas Pengisi Suara Serial Animasi "SpongeBob SquarePants"


Siapa yang tidak kenal "Spongebob SquarePants" ?

Serial animasi karya Animator Stephen Hillenburg ini diproduksi jaringan televisi Nickelodeon dan ditayangkan sejak tahun 1999 hingga hari ini. Dengan masa penayangan sepanjang ini, animasi SpongeBob SquarePants menjadi serial televisi kelima dari Amerika Serikat yang masa penayangannya paling panjang. Tidak hanya sukses dari penayangan, serial ini juga sukses dalam penjualan produk yang berhubungan dengan produk ini (mainan, kotak makan, botol minum, dan lain-lain) dengan nilai keuntungan lebih dari US$ 13 milyar (perhitungan hingga tahun 2017).

Serial yang terinspirasi dari buku edukasi The Intertidal Zone (yang juga karya Hillenburg, dirilis tahun 1989) ini mengisahkan tentang kehidupan di bawah laut.  SpongeBob SquarePants (disuarakan Tom Kenny) sendiri merupakan karakter sentral kisah ini di mana dia tinggal di sebuah kota bawah laut bernama bikini Bottom.  Dia adalah spons berwarna kuning yang selalu mengenakan celana kotak warna coklat dan kemeja berkerah warna putih, dan berdasi merah.

SpongeBob tinggal bersama peliharaannya, Gary (disuarakan Tom Kenny) - seekor keong laut bersuara seperti kucing - di rumah berbentuk nanas.

SpongeBob memiliki seorang sahabat bernama Patrick Star (Bill Fagerbakke), bintang-laut berwarna merah muda.

Mereka bertetangga dengan Squidward Tentacles (Rodger Bumpass), gurita berwarna hijau marin yang senang bermain musik.

SpongeBob dan Squidward bekerja di sebuah restoran burger bernama Krasty Krab milik Eugene Krabs / Tuan Krabs (Clancy Brown). Tuan Krabs punya anak remaja berbentuk Ikan Paus bernama Pearl (Lori Alan).

Tuan Krabs memiliki pesaing bisnis bernama Plankton (Mr Lawrence / Dauglas Lawrence Osowski / Doug Osowski), seekor plankton berwarna hijau. Plankton memiliki istri cerdas berbentuk komputer bernama Karen (Jill Talley). Mereka pemilik restoran Chum Bucket yang berlokasi tepat berseberangan dengan Restoran Krasty Krab.

Selain bersahabat dengan Patrick, SpongeBob juga bersahabat dengan seekor Tupai yang tinggal di laut bernama Sandy Cheeks (Carolyn Lawrence). Tupai asal Texas itu selalu mengenakan pakaian selam dan merupakan seorang ilmuan.

SpongeBob selalu bercita-cita untuk punya mobil sendiri. Karena itu dia mengambil kursus mengemudi dan diajar oleh Nyonya Puff (Mary Jo Catlett), seekor ikan buntal. Namun tidak perduli sudah berapa tahun SpongeBob mengambil kursus mengemudi, dia selalu gagal dalam setiap tes mengemudi, sehingga tidak pernah mendapat Surat Izin Mengemudi.

Selain para pengisi suara tetap, serial SpongeBob SquarePants juga sering melibatkan bintang tamu dan menjadi cameo pengisi suara di setiap episodenya. Sudah cukup banyak bintang tamu yang pernah muncul di SpongeBob SquarePants. Dan berikut ini adalah 10 Bintang Tamu / Cameo Top Dunia yang pernah terlibat sebagai pengisi suara di serial SpongeBob SquarePants.

1. ERNEST BORGNINE (MERMAID MAN) 
Mermaid Man adalah karakter superhero yang sudah pensiun dan tinggal di Bikini Bottom. Meski pensiun, namun sesekali masih terlibat dalam aksi menumpas kejahatan. Bahkan kadang-kadang sering terprovokasi dengan ulah SpongeBob SquarePant yang suka mengganggunya.

Pengisi suara karakter ini adalah Ernest Borgnine (24 Januari 1917 - 8 Juli 2012), yang merupakan aktor senior Hollywood yang sangat legendaris di masanya. Borgnine sudah memulai karir aktingnya sejak tahun 1951 dengan membintangi banyak film legendaris Hollywood seperti From Here to Eternity (1953), Marty (1955), dan serial komedi McHale's Navy (1962 - 1966). Namanya kembali populer di era 80an saat bermain di serial televisi populer Airwolf (1984 - 1986).

Borgnine mulai mengisi suara Mermaid Man sejak tahun 1999. Sayang, tahun 2012, dia menghembuskan nafas terakhir di usia 95 tahun, sehingga sejak tahun 2012 karakter Mermaid Man selalu ditampilkan tanpa dialog sama sekali.


2. ADAM WEST (MERMAID MAN MUDA)
Ada beberapa episode yang mengisahkan Mermaid Man Muda. Nah, untuk adegan itu, suaranya diisi oleh Aktor Senior Adam West (19 September 1928 - 9 Juni 2017).



Untuk penonton yang berusia di atas 50 tahun, nama Adam West bukan nama asing. Dia sangat dikenal di era 1960-an karena perannya sebagai Batman di serial televisi berjudul sama. Pasca serial Batman, nama West sempat tenggelam meski dia masih aktif bermain di banyak film. Sejak tahun 2003, West mulai menjadi pengisi suara. Dia mengisi suara di serial animasi The Fairly OddParents (2003 - 2017), The Simpsons (1992, 2002), dan Family Guy (2000 - 2019).

West mengisi suara sebagai Mermaid Man Muda untuk beberapa episode di Season ke-7 (2011).



3. TIM CONWAY (BARNACLE BOY)
Barnicle Boy adalah Rekan Mermaid Man. Keduanya selalu tampil bersama untuk membasmi kejahatan. Nah, pengisi suara superhero ini adalah Tim Conway (15 Desember 1933 - 14 Mei 2019) yang juga seorang aktor lawas yang terkenal lewat serial televisi McHale's Navy. Selain itu, dia juga terkenal karena sering tampil di acara komedi The Carol Burnett Show.

Conway mulai mengisi suara Barnacle Boy sejak tahun 1999 - 2012. Pada tahun 2019, Conway meninggal setelah berjuang dengan penyakit Hydrocephalus yang dideritanya sejak tahun 2018.



4. BURT WARD (BARNACLE BOY MUDA)
Sama seperti Mermaid Man, Barnacle Boy juga pernah muncul dalam sosok muda. Nah, pengisi suaranya adalah Burt Ward.


Dan sama seperti Adam West, Ward juga terkenal di era 1960an sebagai sosok Robin dalam serial televisi Batman (1966 - 1968), bareng Adam West. Pasca bermain di serial Batman, Ward masih tetap aktif bermain di berbagai serial televisi dan film layar lebar, meski namanya tidak terlalu populer. Belakangan di tahun 2001, Ward mendirikan perusahaan efek khusus Boy Wonder Visual Effect, Inc dan lebih banyak bekerja di belakang layar.

Sama seperti Adam West, Ward mengisi suara Barnacle Boy Muda di beberapa episode SpongeBob SquarePants di tahun 2011 (Season 7).



5. JOHNNY DEPP (JACK KAHUNA LAGUNA) 
Karakter Jack Kahuna Laguna muncul di episode "SpongeBob SquarePants vs The Big One". Dikisahkan di sana, SpongeBob berkenalan dengan seorang peselancar legendaris bernama Joack Kahuna Laguna yang mengajarinya bagaimana menghadapi ombak raksasa yang dikenal dengan nama The Big One.

Penonton dapat langsung menebak kalau pengisi suara karakter ini adalah aktor Johnny Depp. Wajar saja, karena wajah karakter ini dibuat sangat mirip dengan aktor papan atas ini.



6. DAVID BOWIE (LORD ROYAL HIGHNESS) 
Lord Royal Highness muncul di film-televisi "SpongeBob's Atlantis SquarePants" yang tayang di Nickelodeon tanggal 12 November 2007.  Lord Royal Highness adalah Raja Atlantis yang mengundang SpongeBob dan teman-temannya ke Istananya di Atlantis setelah mereka menemukan koin yang hilang.

Sosok Raja ini ternyata disuarakan oleh Penyanyi David Bowie (8 Januari 1947 - 10 Januari 2016). Meski juga dikenal sebagai aktor - karena sebelumnya bermain di beberapa film layar lebar - mengisi suara di animasi SpongeBob SquarePants merupakan pengalaman pertama (dan terakhir) yang dilakukan Bowie.



7. MARK HAMILL (THE MOTH)
The Moth adalah musuh Mermaid Man dan Barnacle Boy. Sosok musuh super berbentuk seperti lalat ini memiliki tubuh ya ng kecil. Meski demikian, dia memiliki kekuatan yang sangat besar. Hal ini dibuktikannya dengan mampu mengangkat Rumah SpongeBob dan sebuah Rumah Mercusuar.

Sosok pengisi suara The Moth adalah Mark Hamill. Penggemar film Star Wars mengenal sosok ini sebagai Luke Skywalker. Menjadi pengisi suara bukanlah hal baru buat Hamill, karena dia telah mengisi suara The Joker dalam serial televisi Batman : The Animated Series sejak tahun 1992. Selain itu, Hamill juga mengisi suara di berbagai animasi televisi seperti The New Woody Woodpacker Show (1999 - 2002), Avatar : The Last Airbender (2005 - 2008), dan lain-lain. Hamill juga sering mengisi suara dalam berbagai video-games, seperti di Gabriel Knight : Sins of the Fathers, Soldier of Fortune II : Double Helix, Full Throttle, Crash Bandicoot, X2 : Wolverine's Revenge, dan lain-lain.



8. SCARLETT JOHANSSON (PRINCESS MINDY) 
Karakter ini hanya muncul di film layar lebar The SpongeBob SquarePants Movie (2004). Dia adalah anak Raja Neptunus dan merupakan kekasih Patrick Star. Princes s Mandy adalah sosok putri raja yang baik dan sangat bersahabat dengan SpongeBob beserta teman-temannya.

Tidak ada yang menduga kalau sosok anggun ini menggunakan suara Scarlett Johansson. Mengisi suara di film animasi The SpongeBob SquarePants Movie adalah pengalaman pertama Johansson. Pasca mengisi suara di film tersebut, Johansson mulai mendapat kesempatan untuk mengisi suara di film animasi lain, seperti Sing (2016), dan Isle of Dogs (2018).



9. ALEC BALDWIN (DENNIS)
Dalam film layar lebar The SpongeBob SquarePants Movie, ada seorang pembunuh bertopeng yang ditugaskan Plankton untuk membunuh SpongeBob dan Patrick sebelum mereka berhasil mendapatkan mahkota Raja Neptunus di Shell City.

Pembunuh Bertopeng tersebut ternyata disuarakan oleh Alec Baldwin. Nama Baldwin sudah bukan nama asing lagi karena dia merupakan aktor senior yang sangat populer di era 1980 - 1990, dan kembali populer di tahun 2010an.

Baldwin menunjukkan kelasnya sebagai Aktor Papan Atas karena mampu berakting di berbagai genre film, mulai dari drama, eksyen, dan thriller. The SpongeBob SquarePants menjadi pengalaman pertamanya sebagai Pengisi Suara. Pasca film tersebut, Baldwin kemudian mendapat banyak kesempatan untuk mengisi suara di film-film animasi lain, seperti Madagascar : Escape 2 Africa (2008), Rise of the Guardians (2012), dan The Boss Baby (2017).


10. DENNIS QUAID (GRANDPA REDBEARD)
Ternyata Tuan Krabs masih punya kakek juga lho. Namanya Grandpa Redbeard. Dalam episode "Grandpappy the Pirate". Grandpa Redbeard mengunjungi Tuan Krabs. Dari ceritanya, ternyata sosok Grandpa adalah Bajak Laut  yang menduga kalau Tuan Krabs juga adalah Bajak Laut seperti dirinya.

Pengisi suara sosok kocak ini adalah Aktor Dennis Quaid. Para Moviegoers mengenal aktor ini sebagai Aktor Papan Atas yang berperan di banyak film box-office sejak tahun 1980an hingga hari ini. Beberapa filmnya yang sukses di antaranya The Big Easy (1986), Innespace (1987), Dragonheart (1996), The Parent Trap (1998), Frequency (2000), Far From Heaven (2002), The Day After Tomorrow (2004), Vantage Point (2008), dan The Intruder (2019).

Comments

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"