10 Goyang Dangdut Paling Maut


Dangdut adalah salah satu genre musik yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Walau musiknya terdengar sangat monoton, dengan lirik yang kedengaran (maaf) "kampungan dan vulgar", namun dangdut tidak pernah kehilangan penggemarnya.

Kalau dulu, di awal-awal pemunculannya, dangdut digemari karena irama dan musiknya. Namun semakin berkembang, dangdut di masa kini justru diminati karena penyanyi dan goyangannya. Belakangan penyanyi dangdut didominasi oleh kaum hawa. Biasanya, saat bernyanyi, para penyanyi dangdut juga menari. Jika dulu, tarian yang dibawakan para penyanyi dangdut wanita masih terbilang "biasa-biasa saja", namun semakin ke belakang gerakannya semakin vulgar bahkan sudah bergeser ke arah erotis.

Berikut ini adalah beberapa goyangan dan tarian populer yang dibawakan oleh para penyanyi dangdut wanita. Tidak bisa dipungkiri, berkat goyangan inilah, banyak penyanyi dangdut wanita menjadi populer dan terkenal.

1. GOYANG DOMBRET
Salah satu lagu dangdut yang cukup populer yang hingga kini masih diminati banyak orang adalah Goyang Dombret. Lagu ciptaan H. Ukat S. ini pertama kali dipopulerkan oleh Ikka Bella, seorang penyanyi dangdut kelahiran Purwakarta, 18 Januari 1979. Sebenarnya saat dirilis, lagu ini sudah sangat populer. Penjualannya menembus angka satu juta kopi. Ikka sendiri - yang berkat lagu ini meraih penghargaan "Indonesia Award" sebagai Penyanyi Berprestasi - tidak membawakan lagu ini dengan "goyangan maut" apapun mengikuti judul lagunya.

Justru setelah Inul Daratista membawakan lagu ini - di mana Inul menyanyikan lagu tersebut dengan gerakan liukan pinggulnya yang khas - orang-orang kemudian menamai gerakan itu dengan gerakan Goyang Dombret.

Tidak banyak yang tahu bahwa "Dombret" adalah kesenian Subang yang digelar dalam suatu acara tertentu. Dalam acara tersebut, selalu ada event di mana para penari - yang semuanya gadis belia - usai menari sering diajak berkencan oleh para pria yang menari bersamanya.


2. GOYANG NGEBOR
Ini pun adalah goyang paling fenomenal kontroversial, yang mengangkat nama Inul Daratista ke puncak kepopuleran. Saat belum populer - sekitar tahun 2003 - Inul menciptakan dan sudah menggunakan gerakannya ini di setiap show-nya (yang kala itu masih di kampung-kampung). Beberapa show-nya direkam dan hasilnya dijual oleh pedagang VCD bajakan di pinggir jalan. Secara kebetulan, seorang turis Jepang membeli VCD bajakan itu dan membawanya balik ke negaranya. Di sana, turis itu terpesona dengan gerakan Inul tersebut, dan menginformasikan ke teman-temannya. Dari mulut-ke-mulut itulah maka nama Inul kemudian dikenal di luar negeri. Barulah pada tahun 2005, Goyang Ngebor Inul baru "terdengar" di Tanah Air.

Goyang Ngebor tidak serta-merta populer di Indonesia. Beragam serangan, cibiran, cacian, dan hujatan dari berbagai pihak - mulai dari ulama, ormas, hingga sesama artis dangdut - sontak mengalir ke Inul karena dirinya dinilai melecehkan lagu dangdut, menjatuhkan nama baik musik dangdut, bahkan menjadikan musik dangdut sebagai musik pengumbar shawat.

Namun di luar dugaan, masyarakat Indonesia justru mendukung Inul dan Goyang Ngebornya. Aksi-aksi protes sebagai bentuk dukungan untuk Inul terus-menerus mengalir, yang pada akhirnya membuat orang-orang akhirnya menerima. Kini Goyang Ngebor - atau Goyang Inul - sudah dapat diterima oleh masyarkat Indonesia dan menjadi salah satu goyang dangdut yang sangat populer di Indonesia.


3. GOYANG GERGAJI
Kemunculan Goyang Gergaji berdekatan dengan Goyang Ngebor Inul - sekitar tahun 2005 - dan menjadi fenomena yang juga mengangkat nama Dewi Perssik sebagai pengusung Goyang Gergaji ini. Berbeda dengan Goyang Ngebor, Goyang Gergaji bisa terbilang lebih "sopan" walau gerakannya terbilang sedikit aneh. Saat bernyanyi, Dewi Perssik menggerak-gerakkan tangannya maju-mundur, seolah-olah sedang melakukan gerakan menggergaji. Karena itulah, Dewi Perssik terkenal dengan Goyang Gergaji yang menjadi "trade-mark"-nya.


4. GOYANG PATAH-PATAH
Goyang ini juga sempat populer di tahun 2005. Goyang yang dipopulerkan oleh penyanyi Annisa Bahar ini juga sama kontroversialnya dengan Goyang Ngebor yang dibawakan Inul Daratista, di mana goyang ini juga memamerkan goyang pinggul yang cukup ekstrim. Sedikit berbeda dengan Goyang Ngebor yang menampilkan gerakan pinggul yang diputar-putar dengan gerakan cepat, Goyang Patah-patah justru memperlihatkan gerakan pinggul yang "stop-motion", seolah-olah pinggul si penari patah-patah.

Goyang Patah-patah juga sempat mengalami cercaan. Bahkan gara-gara melakukan gerakan yang dinilai erotis ini, penampilan Anisa Bahar sempat dicekal di beberapa stasiun televisi dan beberapa daerah.


5. GOYANG NGECOR
Populer di sekitar tahun 2007, Goyang Ngecor adalah goyang yang dipopulerkan oleh Uut Permatasari dan menjadi trade-mark tersendirinya. Walau terdengar mirip dengan Goyang Ngebor milik Inul, namun gerakan yang dilakukan Uut tidaklah "seheboh" Goyang Ngebor. Saat melakukan goyangannya, Uut mengangkat satu kaki kemudian berputar di tempat. Secara umum, goyangan Uut ini terbilang sedikit aneh. Meski demikian, orang menilai Goyang Ngecor masih dalam taraf "wajar" dan masih dapat diterima.


6. GOYANG BEBEK & GOYANG ITIK
Sebuah goyangan baru yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan adalah Goyang Bebek dan Goyang Itik.Walau namanya berbeda, namun banyak orang mengatakan kedua goyangan itu sama. Yang berbeda hanya pada namanya saja. Goyang Bebek adalah goyangan milik duo penyanyi dangdut De Mocca yang mana gerakan ini - katanya - sudah dipatenkan sejak tahun 2002. Sedangkan Goyang Itik adalah goyangan milik Zaskia Gotik ("Gotik" adalah singkatan dari Goyang Itik) yang baru populer di tahun 2012.  Zaskia mengakui kalau goyangan tersebut sudah digunakannya sejak tahun 2005, namun baru populer di tahun 2012.

Kedua goyangan itu mempertontonkan gaya yang sama : Sang penyanyi menggoyangkan pinggulnya ke kiri dan ke kanan seperti gaya bebek yang sedang berjalan.

Akibat kesamaan goyang tersebut, tahun 2002 silam, De Mocca sempat menuntut Zaskia dengan tuduhan penjiplakan.

Walau demikian, publik menilai tuntutan De Mocca mengada-ada. Toh pada akhirnya Zaskia masih tetap menggunakan Goyang Itik-nya dan masih dapat menggunakan goyang tersebut setiap kali pentas. Sementara De Mocca sendiri sangat jarang tampil di layar kaca membawakan Goyang Bebek yang "katanya" menjadi trade-mark dirinya.


7. GOYANG PINGUIN
Tahun 2013 ini, ada goyang dangdut baru yang cukup heboh bernama Goyang Pinguin. dipopulerkan oleh duo penyanyi dangdut Walang Sangit - Erista dan Selvi - , Goyang Pinguin yang merupakan judul single mereka, juga menjadi goyang dangdut trade-mark mereka.

Sesuai nama goyangan mereka, Goyang Pinguin terinspirasi dari gerakan pinguin saat berjalan. Gerakan ini kemudian diadaptasi oleh Walang Sangit menjadi goyang dangdut yang unik dan lucu. Gerakannya tidak dibuat vulgar, agar bisa diterima di berbagai kalangan. Saat ini, Goyang Pinguin sudah menjadi goyang yang cukup digemari masyarakat Indonesia.


8. GOYANG NAGA
Sebuah goyangan dangdut yang unik dan agak "ribet" adalah Goyang Naga yang diperkenalkan penyanyi dangdut Nagoya Victoria bulan Maret 2013 silam. Sesuai namanya, Goyang Naga - yang juga merupakan judul dari singlenya kala itu - menampilkan goyangan di mana si penari meliuk-liukkan tubuhnya dengan luwes layaknya ular.


9. GOYANG UGET-UGET
Goyangan aneh berikut ini sempat muncul akhir tahun 2012 silam. Entah kenapa saat ini tidak pernah terdengar kabarnya lagi mengenai goyangan dangdut ini. Adalah DJ AY Claudia, atau yang dikenal dengan DJ Ayunia, yang mempopulerkan gerakan ini saat merilis single lagu dangdutnya berjudul Lekong.

Sesuai namanya, Goyang Uget-Uget menampilkan gerakan layaknya ulat bulu yang berjalan meliuk-liuk. Jika ditanya perbedaan goyang ini dengan Goyang Naga, saya tidak bisa jelaskan, karena sampai hari ini saya pun belum pernah melihat Goyang Uget-Uget lewat media manapun.


10. GOYANG NYAMUK
Dan goyangan dangdut teranyar di tahun 2013 ini adalah Goyang Nyamuk. Dipublikasikan bulan April  (dan baru populer bulan Agustus) 2013 , goyangan yang dibawakan oleh Bebizie, penyanyi dangdut pendatang baru ini, dapat disaksikan dalam video klip debut singlenya yang berjudul "Nyamuk Malam".  Goyangannya tidak vulgar, walau sekilas tampak lucu. Saat menarikan goyanganya, Bebizie meliuk-liukan badannya sembari mengangkat tangannya menempel di kening. Dari samping, sekilas gerakan ini mirip nyamuk.



Comments

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"