Monday, July 11, 2016

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"

Untuk memperkenalkan dan mempromosikan lagu terbarunya, para penyanyi biasanya membuat musik video yang ditayangkan di jaringan televisi. Biasanya musik video itu dikemas menjadi sebuah tontonan yang menarik (kadang dibuat dalam bentuk sebuah cerita pendek), sehingga menggugah penonton untuk menyukai dan membeli album penyanyi tersebut.

Namun ada kalanya lagu yang dibuat sang penyanyi terdengar "kurang menjual", sehingga dikuatirkan kurang dapat diterima masyakarat. Karena itu produser penyanyi tersebut seringkali membuat musik video yang cukup ekstrim : menampilkan adegan pria atau wanita tanpa busana. Biasanya musik video dibuat dengan menampilkan para model musik video yang tanpa busana, atau bahkan penyanyinya sendiri yang tampil dengan tidak mengenakan benang sehelai pun.

Di masa kini, musik video yang menampilkan adegan vulgar dan "terbuka" sepertinya sudah menjadi keharusan. Sehingga - meski lagunya sangat menjual - tetapi masih terasa kurang afdol jika musik videonya "biasa-biasa saja". Karena itu, muncullah video klip "seram". Tidak saja menampilkan para model tanpa busana, bahkan beberapa di antaranya menampilkan adegan hubungan intim. Jika di masa lalu, adegan seperti itu tidak akan mungkin tayang. Tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi, di mana video klip tidak saja ditayangkan di jaringan televisi, tetapi juga di situs-situs video, musik video beradegan vulgar seperti itu makin marak saja.

Dan berikut ini adalah 10 musik video klip paling vulgar dan paling "berani" yang pernah dibuat dan dirilis. Anda pernah menontonnya?

1. ANIMALS (sung by : Maroon 5, 2014)
Lagu yang dinyanyikan band pop-rock Maroon 5 ini dirilis tanggal 25 Agustus 2014 dan merupakan singel kedua dari album kelima mereka berjudul "V". Ditulis oleh Adam Levine, Benny Blanco, dan Shellback, lagu ini berhasil bercokol di posisi ketiga Billboard Hot 100, dan menjadi lagu kesepuluh Maroon 5 yang duduk di posisi 10 Besar di Tangga Lagu Amerika Serikat.

Video klip singel ini dirilis tanggal 29 September 2014, di mana banyak menampilkan adegan Adam Levine dan istrinya, Behati Prinsloo (model Victoria's Secret), tampil tanpa busana dan melakukan hubungan intim. Parahnya, tubuh mereka berdua dibasahi dengan cairan merah seperti darah.

Musik video singel ini menjadi kontroversi karena menampilkan adegan pria yang dengan bebas menguntit wanita dan memperlakukannya seperti seorang budak yang mengikuti kemauan pria untuk melakukan hubungan intim. Musik video ini juga dikritik karena menampilkan adegan Levine dan Prinsloo berhubungan intim (dalam kondisi tanpa busana sama sekali) sambil dibanjur "darah", yang memprovokasi orang untuk melakukan hubungan intim dengan cara yang sadis. Organisasi RAINN (Rape, Abuse, Incest National Network) merilis pernyataan mengutuk musik video itu, dan menyebutkan "Tidak seorang pun yang boleh menyamakan aksi kriminal seperti pemerkosaan, penguntitan, hingga pelecehan seksual dengan romantisme. Tampilan visual video klip itu seharusnya tidak boleh ditampilkan di industri hiburan".



2. BITCH BETTER HAVE MY MONEY (sung by : Rihanna, 2015)
Lagu ini ditulis rame-rame oleh Jamille Pierre, Bibi Bourelly, Rihanna, Travis Scott, Kanye West, dan Wondagurl. Dirilis pertama kali secara digital via iTunes Store tanggal 26 Maret 2015, lagu ini sebenarnya kurang mendapat respon yang baik di Amerika Serikat. Meski demikian, di beberapa negara lain - termasuk New Zealand dan Perancis - lagu ini masuk dalam Chart Top 10.

Musik video single ini dirilis tangal 2 Juli 2015. Rihanna - bekerja sama dengan Megaforce - menyutradarai video klip tersebut. Berdurasi 7 menit, musik video tersebut menampilkan adegan yang cukup mengerikan. Seorang wanita (diperani model Canada Rachel Roberts) mengalami penyiksaan dan pelecehan yang dilakukan Rihanna bersama dua orang teman wanitanya (diperani model Spanyol Sita Abellan dan model Instagram Sanam. Adegannya cukup miris : Sang wanita diculik dengan dimasukkan ke dalam koper besar, selanjutnya dibawa keliling kota dalam mobil dengan kondisi tanpa busana sehelai pun. Setelah itu, sang wanita dibawa ke sebuah gudang kosong di tengah padang gurun, untuk kemudian digantung terbalik (tetap dalam kondisi tanpa busana).

Video klip ini ditutup dengan menampilkan adegan Rihanna - yang tanpa busana sama sekali - berbaring di dalam koper besar penuh tumpukan uang. Hanya selembar uang kertas menutupi bagian vitalnya. Wajah Rihanna sendiri bersimbah darah, menunjukkan kalau dia baru saja melakukan pembunuhan kejam terhadap seseorang (penonton bisa berasumsi yang dibunuhnya adalah pria yang merupakan suaminya yang berselingkuh dengan wanita yang diculik Rihanna di awal tadi).



3. WRECKING BALL (sung by : Miley Cyrus, 2013)
Inilah lagu paling kontroversi yang dinyanyikan Miley Cyrus. Kontroversi tersebut terletak pada video klip singel ini yang memang sangat "mengejutkan".

Lagu Wrecking Ball merupakan singel yang ada di album keempat Miley Cyrus berjudul Bangerz (2013). Singel yang ditulis keroyokan oleh MoZella, Stephan Moccio, Sacha Skarbek, Kiyanu Kim, Lukasz Gottwald, dan Henry Russell Walter ini dirilis tanggal 25 Agustus 2013. Saat pertama dirilis, lagu tersebut langsung duduk di posisi ke-50 tangga lagu US Billboard Hot 100. Namun setelah video klipnya dirilis, lagu itu langsung naik ke peringkat pertama, dan menjadi singel pertama Miley Cyrus yang meraih peringkat pertama di tangga lagu Amerika Serikat.

Seperti yang disebutkan di atas, kesuksesan lagu ini tidak terlepas dari video klipnya yang sangat kontroversial. Sebenarnya konten video klip itu sendiri terbilang sangat "biasa saja". Yang membuat video klip ini menjadi bahan perbincangan orang adalah karena sebelumnya Miley Cyrus dikenal masyarakat Amerika Serikat sebagai Remaja Baik-baik lewat perannya di serial televisi produksi Walt Disney berjudul Hannah Montana. Namun imej tersebut langsung buyar manakala di video klip tersebut Cyrus menampilkan adegan-adegan "menantang" dan menggoda iman para pria. Beberapa adegan tersebut di antaranya adalah menjilati ujung martil dengan gerakan sensual, kemudian bergantung di bola baja raksasa dengan pakaian minim, hingga akhirnya duduk di atas bola tersebut tanpa busana sama sekali dan hanya mengenakan sepatu boot.



4. TIMEBOMB (sung by : Tove Lo, 2015)
Penyanyi muda asal Swedia bernama asli Ebba Tove Elsa Nilsson ini mengejutkan publik dunia ketika merilis singelnya berjudul Timebomb. Lagu yang ditulis oleh Tove Lo dan ada di album pertamanya, Queen of the Clouds (2014), tersebut merupakan singel ketiga yang dipromosikan Tove Lo dan hanya dirilis di Swedia.

Video klip lagu ini dirilis dalam 2 versi yang berbeda. Versi pertama dirilis tanggal 18 Juni 2015, di mana menampilkan sepasang pria-wanita tanpa busana berpelukan dan saling menyentuh tubuh pasangannya. Lirik lagu Timebomb muncul di kulit tubuh mereka.

Versi kedua dirilis tanggal 19 Juni 2015, di mana memperlihatkan beberapa pasangan - pasangan usia lanjut, pasangan pria-wanita, pasangan lesbian, dan pasangan gay - berada di pinggir pantai berpasir. Para pasangan itu secara bergantian diperlihatkan mesra, kemudian saling bertengkar, lalu baikan kembali. Adegannya menjadi "hot" ketika masing-masing pasangan itu mulai meraba tubuh masing-masing pasngannya, kemudian melakukan adegan saling kecup bibir yang sangat bergairah. Adegan video klip ini ditutup dengan menampilkan Tove Lo yang bermain pasir tanpa busana.



5. TUNNEL VISION (sung by : Justin Timberlake, 2013)
Tunnel Vision adalah singel yang terdapat pada album ketiga Justin Timberlake, The 20/20 Experience (2013). Lagu tersebut ditulis oleh Timberlake, bersama Timothy "Timbaland" Mosley, Jerome "J-Roc" Harmon, dan James Fauntleroy. Singel ini dirilis tanggal 14 Juni 2013 dan merupakan singel ketiga yang dirilis untuk album ketiga Timberlake tersebut. Menurut Timberlake, lagu ini merupakan pernyataan pribadinya atas cinta dan khayalan "nakal"-nya tentang cinta.

Video klip Tunnel Vision dirilis tanggal 3 Juli 2013 di saluran Vevo YouTube. Video yang disutradarai Jonathan Craven, Simon McLoughlin, dan Jeff Nicholas itu menampilkan adegan yang mengejutkan : 3 orang wanita tanpa busana menari-nari bergantian sepanjang videoklip. Beberapa bagian menampilkan mereka menari dengan gaya menantang, dan beberapa kali kamera mengambil gambar bagian dada para wanita tersebut secara "close-up".

Video klip "sederhana" berdurasi 7 menit ini sempat dilarang dan "ditutup" oleh YouTube. Namun beberapa waktu kemudian, YouTube merilis ulang video klip ini dengan memberikan larangan menonton untuk penonton di bawah umur.



6. BLUREED LINES (sung by Robin Thicke featuring T.I. and Pharrell, 2013)
Lagu yang ditulis Robin Thicke, T.I., dan Pharell Williams ini merupakan lagu utama Thicke di album berjudul sama. Dirilis tanggal 26 Maret 2013, lagu ini meraih kesuksesan luar biasa, dengan menduduki posisi puncak berbagai tangga lagu di 25 negara. Lagu itu pun menjadi salah satu singel dengan penjualan tertinggi sepanjang masa, di mana terjual hingga 14.8 juta kopi. Berkat prestasinya, lagu ini mendapatkan 2 nominasi Grammy Awards untuk Kategori Record of the Year dan Best Pop Duo / Group Performance.

Video klip lagu ini dirilis dalam 2 versi : Versi Asli dan Versi Sensor. Versi Asli dirilis tanggal 20 Maret 2013. Video klip yang disutradarai Diane Martel tersebut menampilkan Thicke, T.I. dan William Pharrell berdiri sambil menggoda 3 orang model - diperani model Emily Ratajkowski, Elle Evans, dan Jessi M'Bengue - yang berpose dan menari. Setelah itu, tampak adegan balon-balon berwarna perak berterbangan. Pada balon itu terdapat tulisan "ROBIN THICKE HAS A BIG DICK". Selanjutnya, gambar berganti kepada 3 orang model tadi, yang kini telah tidak mengenakan atasan (hanya mengenakan celana dalam polos).

Versi ini mendapat kritikan dari penonton karena menampilkan adegan tanpa busana yang cukup vulgar. Menanggapi kritikan penonton, tanggal 30 Maret 2013 YouTube kemudian melarang peredaran video klip itu dalam situs mereka.

Tanggal 12 Juli 2013, Versi Sensor video klip itu diunduh ke YouTube. Pada versi tersebut, bagian yang menampilkan adegan balon perak telah dihilangkan. Meski demikian, beberapa adegan wanita tanpa busana tetap dimunculkan. Walau tetap "seronok", video klip itu dapat tayang di YouTube. Dan dalam 2 hari penayangan ulang tersebut, video klip Blurred Lines langsung ditonton lebih dari 1 juta penonton.



7. GIRL GONE WILD (sung by : Madonna, 2012)
Lagu ini merupakan lagu yang terdapat di album ke-12 Madonna, MDNA (2012). Madonna menulis lagu ini bersama Benassi Bersaudara (Benny dan Alle Benassi), serta Jenson Vaughan. Singel ini dirilis tanggal 2 Maret 2012 oleh Interscope Records. Lagu berirama "dance" ini menduduki peringkat ke-6 Billboard Bubbling under Hot 100 Singles dan berada di posisi 33 tangga lagu Pop Digital Songs (17 Maret 2012).

Video klip singel "Girl Gone Wild" dirilis tanggal 17 Februari 2012. Di video hitam-putih tersebut, Madonna tampil bersama kelompok penari pria Kazaky asal Ukraina. Uniknya, semua penari pria menari dengan mengenakan sepatu "high-heels". Aksi menari tersebut jelas sangat sulit dan punya tantangan tersendiri. Tetapi itulah yang menjadi daya-tariknya.

Selain itu, di bagian tengah video klip menampilkan beberapa adegan beberapa pria tanpa busana saling bersentuhan, berkecupan, kemudian memakan sebuah apel bersama, yang menunjukkan hubungan gay yang terbilang cukup vulgar dan "menantang".

Yang paling ekstrim dari video klip tersebut adalah penampilan Madonna yang menggoda para penari pria. Selanjutnya, Madonna dikelilingi para penari pria yang nyaris tanpa busana sama sekali, dan melakukan hubungan intim beramai-ramai. Adegan ekstrim lain memperlihatkan seorang penari pria tampil tanpa busana yang mengenakan mahkota di kepalanya.

Banyak kritikus menilai video klip ini memperlihatkan erotisme gay serta aksi S&M (Sadomasisme) dalam hubungan intim manusia. Gaya video klip tersebut dinilai punya kemiripan dengan video klip Madonna sebelumnya, yaitu "Erotica" dan "Vogue" Banyak orang pun menilai video klip itu sangat kontroversi karena menampilkan adegan hubungan intim beramai-ramai (orgy) yang dikaitkan dengan lambang-lambang keagamaan sebuah agama tertentu (dilambangkan dengan adegan pria tanpa busana yang mengenakan mahkota).

Meski mengandung banyak idiom dan penggambaran tentang "hubungan intim yang bebas", namun - anehnya - video klip ini banyak direspon positif oleh penonton. Mereka bahkan menilai video klip itu sangat artistik dan indah. Anda juga berpikir hal yang sama?



8. ANTIDOTE (sung by : Swedish House Mafia vs Knife Party, 2011)
Lagu bergenre "house music" keren ini merupakan lagu yang dibawakan trio asal Swedia Swedish House Mafia dan duo Knife Party. Singel ini dirilis tanggal 16 Desember 2011 dan menjadi singel kedua dari album kompilasi Swedish House Mafia berjudul Until Now. Penyanyi hip-hop Adam Baptiste (ADL) menyanyi di beberapa bagian pada lagu ini.

Video klip lagu ini dirilis dalam 2 versi dan dirilis serental di YouTube tanggal 19 Desember 2011. Versi pertama adalah versi "Explicit" dan versi kedua adalah versi "Bersih".

Video klip "Antidope" mengisahkan tentang sekelompok orang Asia (diasumsikan sebagai Yakuza atau triad) yang bersantai di sebuah Club. Salah seorang Asia tersebut masuk ke dalam toilet, kemudian mengenakan topeng dan menyiapkan senjata.

Pada versi "Explicit", Pria Asia Bertopeng tersebut keluar dari toilet dan menembaki para pengunjung Club. Beberapa wanita penari tanpa busana berlarian menghindari tembakan. Beberapa orang yang Sang pria kemudian merebut sebuah tas putih yang dipegang pria Asia yang lain, kemudian kabur keluar Club.

Sedangkan versi "Bersih" menampilkan adegan yang mirip. Bedanya bagian-bagian yang menampilkan penari telah hilang. Selain itu, video klip tersebut jauh lebih pendek. Versi inilah yang saat ini ada di YouTube.



9. TONIGHT (sung by : Enrique Iglesias, 2010)
Singel yang dirilis tanggal 1 November 2010 ini terdapat di album Euphoria yang dirilis digital oleh Iglesias tanggal 22 November 2010, dan mendapat respon yang sangat positif dari para pendengarnya. Di New Zealand, lagu tersebut sempat duduk di posisi puncak Hot Dance Club Songs, dan menjadi single kedelapan Enrique Iglesias yang berada di puncak tangga lagu dunia.

Video klip lagu ini dirilis tanggal 22 Desember 2010. Adegan awal video klip ini cukup mencengangkan, karena menampilkan dua wanita tanpa busana sedang berhubungan intim (meski ditampilkan dalam ruangan gelap, dan hanya berdurasi 2 detik saja). Adegan berikutnya juga banyak memperlihatkan adegan "quicky" di mana Iglisias berhubungan intim (dengan busana lengkap) dengan seorang wanita di dekat toilet, di mana sang wanita membuka celana Iglesias dan mereka pun berhubungan. Adegan selanjutnya berpindah di mana Iglesias melakukan hubungan intim kembali dengan banyak wanita di tempat tidurnya.

Video klip yang sangat provokatif ini sempat dikritisi banyak pihak karena menampilkan hal yang tidak pantas. Bahkan pihak Conseil Superier de l'Audiovisuel dari Perancis melakukan sensor habis-habisan atas video klip ini dan hanya mengizinkan video klip ini tayang di stasiun televisi lokal di atas jam 22.00.

Hingga hari ini, video klip "Tonight" telah ditonton lebih dari 104 juta penonton dan menduduki peringkat keempat sebagai "The Best Video of 2011" versi MTV.



10. HURRICANE (sung by Thirty Seconds to Mars, 2010)
Dan yang terakhir kita punya Hurricane yang merupakan singel yang ditulis oleh Jared Leto, vokalis grup rock Amerika Thirty Second to Mars. Singel tersebut terdapat di album ketiga grup tersebut, bertitel "This is War". Lagu ini sendiri dirilis dalam 2 versi : Versi Pertama adalah versi yang dinyanyikan Thirty Seconds to Mars, sedangkan Versi Kedua ditambahi bagian rap yang dibawakan Kanye West. Untuk membedakan kedua versi tersebut, maka untuk versi kedua dirilis dengan judul "Hurricane 2.0".

Video klip singel ini - disutradarai oleh Jared Leto, dengan nama samaran Batholomew Cubbins - dibuat dengan durasi 13 menit 30 detik, menceritakan tentang seseorang yang bermimpi buruk, dan mengalami fantasi sensual. Video klip ini menjadi kontroversial karena menampilkan banyak adegan hubungan intim yang ekstrim dan ditampilkan dengan vulgar, seperti hubungan sesama jenis, adegan sensual S&M yang sadis, wanita memasukkan jarinya ke alat vital wanita lain, serta adegan hubungan intim lainnya yang tidak kalah "panas".

Selain hubungan intim, video klip tersebut juga menampilkan banyak adegan kekerasan yang berlebihan serta berdarah-darah. Ditambah lagi adegan Jared Leto meloncat dari gedung tinggi dan mendarat dengan selamat, seolah-olah memprovokasi penonton untuk melakukan bunuh diri.

Saratnya adegan-adegan vulgar dan berdarah tersebut membuat video klip ini dihujat banyak orang. Bahkan MTV tidak bersedia menayangkan video klip tersebut akibat konten di dalamnya. Hal ini juga diikuti oleh banyak negara yang menolak menayangkan video klip ini. YouTube sendiri mengizinkan video klip ini tayang setelah Thirty Seconds of Mars merilis ulang video klipnya (dengan durasi 13 menit 12 detik) dengan menghilangkan bagian-bagian vulgar dan berdarah-darah.