9 Manfaat Menonton Film horor


Film horor adalah film yang sarat dengan adegan menyeramkan dan menakutkan. Tidak sedikit orang yang takut menonton film ini. Tetapi tahukah Anda bahwa di balik keseraman yang ditampilkan, ada manfaat besar bagi orang-orang yang menonton film horor.

Bagi sebagian orang, film horor mungkin hanya sekedar melepaskan stres. Tetapi sebenarnya dampak dari nonton film horor itu cukup besar dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Lho, beneran? Ya... beneran.... !!!

Ga percaya? Berikut ini adalah manfaat yang akan Anda peroleh jika menonton film horor :

1. MEMBAKAR KALORI TUBUH 
Sebagian orang ingin menurunkan berat badan tanpa perlu capek berolah raga. Nah, kalau ingin begitu, saya usul Anda sering-seringlah nonton film horor. Dari penelitian yang dilakukan para ahli University of Westminster (yang diterbitkan di majalah The Telegraph), ditemukan bahwa fakta bahwa tubuh ternyata melepaskan hampir 200 kalori setiap kali kita menonton film horor. Jumlah ini jauh lebih banyak daripada aktivitas berjalan kaki sejauh 1 kilometer (110 kalori), dan jogging selama 30 menit (160 kalori).

Kok bisa?

Dr. Richard Mackenzie dari University of Westminster menjelaskan bahwa saat menonton film horor,  jantung berdetak lebih kencang, dan nafas menjadi lebih cepat. Akibatnya tubuh melepaskan adrenalin ke dalam tubuh dan menyebabkan tubuh kehilangan kalori.

Karena efek film horor yang dapat membuat jantung berdetak lebih kencang, banyak bioskop yang melarang orang-orang berpenyakit jantung dan lansia untuk menonton film horor, karena hal ini dapat berdampak buruk pada mereka. Hal ini sudah terbukti di mana beberapa waktu silam, seorang pria berusia 65 tahun meninggal di dalam bioskop karena serangan jantung saat menonton film The Conjuring 2.



2. MEMBUAT ORANG JADI LEBIH CERDAS
Nonton film horor mampu meningkatkan kecerdasan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh para profesor dari University of Wisconsin. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang senang menonton film horor - khususnya para wanita - jauh lebih cerdas dan dewasa ketimbang orang-orang yang tidak suka nonton film horor.

Ketika menonton film horor, otak manusia melepaskan hormon neuro-transmiter dopamin, glutamat, dan serotonin yang merupakan hormon yang dapat meningkatkan aktivitas otak. Biasanya hormon ini dilepaskan pada saat kita menonton adegan yang menegangkan dan mengejutkan. Adegan-adegan menakutkan di film horor akan membuat otak bekerja lebih waspada, antisipatif, dan lebih analitik. Alhasil, setelah menonton film horor, Anda akan jauh lebih mampu berpikir logis dan taktis.


3. MENINGKATKAN SISTEM IMUNE TUBUH
Sistem imune tubuh manusia memiliki kemampuan luar biasa dalam mendeteksi bahaya yang akan mengancam internal tubuh. Ketika virus akan menyerang, tubuh akan membuat perlindungan dengan melepaskan hormon pelindung tubuh. Salah satunya adalah leukosit.

Dalam studi yang dilakukan banyak ahli, ditemukan bahwa orang yang baru menonton film horor mengalami kenaikan leukosit yang sangat signifikan. Hal ini bisa terjadi karena otak terpacu saat menyaksikan adegan-adegan seram. Aktivitas otak ini ditangkap tubuh sebagai adanya ancam penyakit atau serangan benda asing dari luar tubuh. Karena itu, tubuh akan secara radikal membentuk perlindungan diri dengan menaikkan leukosit.



4. FILM HOROR MENYEMBUHKAN FOBIA
Sudah cukup lama, para terapis menggunakan metode menonton film horor untuk menyembuhkan gangguan fobia pada pasien mereka. Dengan menonton film horor, para pasien didorong untuk menghadapi ketakutan mereka, sehingga nantinya mereka mampu mengendalikan ketakutan tersebut.

Dalam bukunya "Your DNA Loves Horror Movies", Mathias Clasen - seorang ilmuan asal Aarhus University, Denmark - menyebutkan bahwa setiap manusia memiliki DNA keberanian. Hanya saja DNA tersebut tidak dapat muncul begitu saja dan perlu dilatih secara rutin. Untuk bisa menjadi berani, maka DNA tersebut perlu distimulasi. Dan stimulasi paling efektif yang mampu membuat manusia lebih berani dan menekan rasa takutnya adalah dengan menonton film horor.



5. MELEPASKAN STRES
Menurut Dr. Mathias Clasen, ketika menonton film horor, otak penonton akan dipenuhi dengan rasa ketakutan yang luar biasa saat menonton adegan yang menyeramkan dan mengejutkan. Tetapi setelah adegan itu lewat, tubuh akan melakukan aktivitas "Catharsis" (proses relaksasi emosional) yang membuat penonton jauh lebih tenang dan relaks.
Jadi nonton film horor juga merupakan terapi yang sangat baik bagi orang-orang stres.



6. MEMBUAT PENONTON LEBIH REALISTIS
Ketika menonton film fantasi dan drama-romantis, banyak adegan yang membuat penonton terkagum-kagum dan "meyakini" adegan tersebut nyata. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang disebut "bermimpi" karena mereka mengaplikasikan hal-hal indah dalam film drama-romantis ke dalam hidup mereka.

Sebaliknya, ketika menonton film horor, adegan seram dan menakutkan sering ditampilkan terlalu ekstrim, sehingga banyak penonton yang "menolak" untuk menerima kalau tontonan itu nyata. Akibatnya, otak akan bekerja super-aktif. Tidak saja menghalau adegan-adegan ekstrim masuk ke dalam otak, tetapi juga nalar dan intuisinya pun juga bekerja sangat aktif. Logika berpikirnya juga akan terus berekplorasi dan berusaha keras meyakinkan diri kalau apa yang ditonton hanyalah bohongan semata, bukan nyata.

Penolakan inilah yang nantinya akan membuat para penonton film horor menjadi lebih realistis dan mampu membedakan kondisi "nyata" dan "fantasi". Mereka tidak dapat menerima adegan seram itu karena terlalu "traumatis" untuk otak mereka.



7. MELATIH OTAK MENEMUKAN SOLUSI YANG LEBIH KREATIF
Banyak orang memiliki ketakutan interdimensional terhadap mahluk-mahluk gaib dan tidak kasat mata. Namun dari penelitian para ahli, dengan menonton film horor, para penonton akan mendapatkan keberanian lebih untuk dapat menghadapi realitas dan menghalau ketakutan yang tidak lazim.

Misalnya ketika kecil Anda takut dengan laba-laba. Tetapi setelah menonton film horor, maka Anda akan lebih berani menghadapi laba-laba. Anda tidak lagi memandang laba-laba sebagai mahluk mengerikan, karena Anda sudah pernah melihat mahluk yang lebih mengerikan lagi di bioskop.

Selain itu, banyak film horor yang menunjukkan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah, termasuk dari sudut pandang yang tidak lazim sekalipun. Lewat film horor, Anda akan mendapatkan sudut pandang lain yang lebih baik, sehingga membuat Anda dapat mengambil keputusan dan menuntaskan masalah dengan cara yang lebih baik, lebih kreatif, dan lebih berani.



8. FILM HOROR MEMPERERAT HUBUNGAN ASMARA
Pasangan kekasih dan suami-istri sangat diharapkan untuk bisa bersama-sama nonton film horor. Mengapa? Karena penelitian para ahli menemukan bahwa film horor dapat mempererat hubungan asmara satu dengan yang lain.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Indiana University, pasangan kekasih yang menonton film horor akan merasa aman dan nyaman saat menonton film horor karena merasa saling dilindungi. Sang pria merasa senang dapat menjaga pasangannya, sedangkan sang wanita merasa aman karena terlindungi kekasih yang duduk di sebelahnya.

Karena itu, kalau nonton film horor, jangan sendirian ya.....



9. MENINGKATKAN IMAN & PENGHARAPAN PADA TUHAN
Banyak orang berpendapat kalau film horor akan menjauhkan orang dari Tuhan karena banyak menampilkan adegan penuh setan dan mahluk menyeramkan. Faktanya justru terbalik : Nonton film horor justru meningkatkan iman dan kepercayaan kepada Tuhan.

Ada beberapa film yang menampilkan orang yang terjebak di sebuah wilayah antah-berantah, tidak dapat berkomunikasi dengan dunia luar, dan diburu oleh mahluk supranatural atau psikopat, akan muncul empati pada mereka. Terlebih jika Anda pun pernah mengalami kondisi yang mirip seperti mereka di dunia nyata. Kondisi tidak nyaman yang tampak di film, memunculkan kesadaran bahwa ada campur tangan Tuhan dalam hidup kita yang membuat kita tidak mengalami apa yang ada dalam film.

Kesadaran inilah yang membuat banyak orang semakin yakin bahwa Tuhan itu ada, dan Tuhan selalu menjaga kita agar terhindar dari hal-hal menyeramkan yang ada di film.

Dan jika kesadaran itu tidak tampak terlalu signifikan dalam kehidupan pecinta film horor, mungkin Anda bisa menemukannya pada saat sedang menonton film horor. Saat sedang adegan seram, coba amati, berapa banyak orang yang berdoa komat-kamit atau menyebut nama "Tuhan" berkali-kali. Itu juga bukti bahwa kepercayaan mereka pada Tuhan meningkat sangat drastis saat nonton film horor. Hehehe....


Comments

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete
  2. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya, gan. Bermanfaat banget artikelnya, ane ada rekomendasi film dewasa produksi luar negeri gan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"