10 Hal yang Pantang Anda Lakukan Pada Pramugari / Pramugara


Di masa kini, naik pesawat sudah bukan konsumsi orang borju atau berduit. Siapapun sudah bisa naik pesawat. Terlebih lagi dengan adanya promo dari berbagai situs yang menawarkan tiket murah, naik pesawat sudah nyaris terjangkau oleh kalangan mana pun.

Nah, saat di pesawat, ada Pramugari atau Pramugara yang siap melayani kebutuhan Anda di pesawat. Banyak orang sering keliru mengartikan fungsi petugas di dalam pesawat tersebut. Mereka selalu berpikir kalau Pramugari atau Pramugara adalah pembantu yang bisa diperintah semaunya kita selama di pesawat. Padahal tidak demikian. Selain itu, ada beberapa etika dan kode etik yang harus Anda ketahui saat berada di pesawat dan membutuhkan layanan Pramugari dan Pramugara. Jika etika ini tidak Anda taati, niscaya Anda tidak akan menikmati kenyamanan terbang di pesawat.

1. PRAMUGARI DAN PRAMUGARA BUKAN PELAYAN ANDA
Ini adalah etika yang harus Anda sadari terlebih dahulu : Pramugari dan Pramugara BUKAN Pelayan Anda. Mereka memang bertugas melayani Anda, tetapi mereka BUKAN Pelayan khusus yang melayani segala kebutuhan dan kemauan Anda.

Banyak orang salah kaprah lantaran tugas Pramugari / Pramugara adalah melayani penumpang, sehingga ada saja penumpang yang meminta hal-hal tidak masuk akal kepada mereka (misalnya meminta air minum merek tertentu, minta air yang dipanaskan dengan suhu tertentu, minta disediakan makanan bebas garam, dan lain-lain). Prinsipnya, Pramugari / Pramugara akan melayani kebutuhan semua penumpang, tanpa terkecuali. Tapi kalau ada permintaan khusus dari penumpang yang dirasa "tidak masuk akal", mereka punya hak untuk menolak melakukan permintaan itu.

Jadi jangan marah-marah lantaran permintaan Anda tidak ditanggapi Pramugari / Pramugara Pesawat. Coba renungkan, apakah permintaan Anda "wajar" dan mungkin dilakukan, jika Anda berada di posisi mereka?



2. BALAS SENYUM DAN SALAM MEREKA
Sebuah pepatah mengatakan, "Kesan pertama adalah segalanya". Itulah yang selalu diupayakan oleh para Pramugari / Pramugara, dan itu mereka sudah terapkan sesaat sebelum Anda masuk ke dalam pesawat. Mereka akan berdiri di depan pintu dan menyambut Anda dengan senyuman dan salam.

Ketika berpapasan dengan mereka, jangan memasang muka acuh atau memalingkan wajah Anda. Ketahuilah, mereka akan mengingat wajah Anda. Dan sikap acuh Anda tersebut dapat menjadi bumerang bagi Anda sendiri, terutama jika Anda menaiki pesawat untuk penerbangan jarak jauh. Ada sebagian dari mereka yang akan mengacuhkan Anda jika membutuhkan sesuatu.

Sebaliknya, jika Anda ramah pada para Pramugari / Pramugara, bahkan membalas salam mereka, niscaya mereka akan ingat dengan Anda. Bahkan akan melayani Anda jauh daripada yang Anda harapkan.

Dan jika Anda adalah "frequent-flyer" di Maskapai yang sama, jangan lupa untuk memuji atau memberikan ucapan "Thank You" kepada mereka saat akan turun pesawat. Niscaya mereka juga akan ingat Anda, dan akan memberikan pelayanan ekstra, meski Anda adalah penumpang kelas Economy sekali pun. Saya sudah membuktikannya.....



3.  JANGAN PERNAH MINTA APAPUN KEPADA PRAMUGARI / PRAMUGARA SAAT PESAWAT TERBANG ATAU MENDARAT
Bagian paling kritis selama di pesawat adalah saat pesawat terbang maupun mendarat. Tentunya pada saat itu, para Pramugari dan Pramugara diminta untuk duduk di tempatnya. Tapi ada saja penumpang yang cari masalah dengan meminta sesuatu yang "gak penting" di saat kritis seperti itu.

Mungkin ada Pramugari / Pramugara yang akan membantu Anda di saat itu. Tetapi itu berarti mereka mempertaruhkan keselamatan mereka. Tentu hal ini sangat tidak adil untuk mereka. Karena itu, jika Anda punya hati nurani dan empati, tunggulah sampai pesawat terbang atau mendarat sempurna baru meminta bantuan mereka. Anda hanya perlu menunggu kurang dari 15 menit.

Hal yang sama juga saat Anda ingin ke toilet. Jangan pertaruhkan kesalamatan Anda dan Pramugari / Pramugara untuk menolong Anda ke toilet saat pesawat lepas landas atau akan mendarat.



4. JANGAN MENJENTIKKAN JARI ATAU MENEPUK BAGIAN TUBUH PRAMUGARI / PRAMUGARA SAAT BUTUH BANTUAN
Di budaya mana pun, menjentikkan jari untuk menarik perhatian orang merupakan perilaku yang tidak sopan, bahkan terkesan merendahkan. Hal ini juga berlaku di pesawat terbang. Jika Anda menjentikkan jari dengan tujuan untuk memanggil dan meminta bantuan Pramugari / Pramugara, jangan heran jika Anda akan diacuhkan. Bagaimana pun juga Pramugari / Pramugara punya harga diri yang sangat tinggi. Jika Anda butuh bantuan mereka, upayakan memanggil nama mereka (nama tersebut tertera dengan jelas di name-tag yang terpasang di dada kanan mereka). Jika tidak, cukup panggil "Miss" (Pramugari) atau "Sir" (Pramugara) saat Anda butuh bantuan mereka.

Yang paling penting : Jangan pernah menepuk pundak, lengan, atau bahkan memegang lengan Pramugari / Pramugara saat Anda butuh bantuan mereka. Tindakan Anda merupakan tindakan ofensif dan di beberapa negara tertentu, Anda bisa dituntut melakukan "pelecehan seksual" kepada Pramugari / Pramugara yang dapat membuat Anda ditahan saat turun dari pesawat.



5.  PRAMUGARI / PRAMUGARA BUTUH ISTIRAHAT
Dalam perjalanan panjang, ada kalanya Anda butuh bantuan Pramugari / Pramugara untuk membawakan minuman atau apapun. Nah, jika memungkinkan, pada saat semua penumpang sudah terlelap, upayakan Anda pun tidur dan tidak meminta macam-macam kepada Pramugara / Pramugari, karena pada saat itu, mereka pun sedang tidur.

Harus Anda pahami bahwa selama penerbangan dengan rute panjang, Pramugari / Pramugara nyaris tidak beristirahat. Mereka sangat senang jika para penumpang sudah terlelap dan "tidak bawel". Itu memberi kesempatan mereka untuk juga beristirahat, meski hanya 10 - 15 menit. Kondisi kelelahan yang mereka alami dapat membuat emosi mereka labil. Karena itu, alangkah bijaksananya jika Anda tidak meminta apapun kepada mereka sepanjang perjalanan jauh tersebut. Biarkanlah mereka beristirahat setelah melayani Anda.



6. JANGAN PERNAH MINTA NOMER KONTAK PRAMUGARI / PRAMUGARA
Semua perusahaan penerbangan menghendaki Pramugari / Pramugara mereka untuk bekerja profesional tanpa melibatkan emosi dan hubungan intens dengan para penumpang. Karena itu, mereka sangat dilarang untuk melakukan kontak dengan penumpang yang mereka layani, termasuk memberikan nomer telepon, alamat e-mail, atau kartu nama kepada penumpang selama di dalam pesawat.

Jika Anda terkesan dengan pelayanan para Pramugari / Pramugara, cukup sampaikan ucapan "terima kasih" Anda kepada mereka saat turun dari pesawat. Jangan pernah coba-coba mina nomer kontak mereka, untuk alasan apapun. Mereka mungkin akan menolak dengan halus. Namun ada sebagian dari mereka akan menganggap tindakan Anda ofensif yang dapat membuat perjalanan Anda berakhir di Penahanan Bandara.

Karena itu, berhati-hatilah .....



7. JANGAN MENGANGKAT KAKI DAN MELETAKKANNYA DI KURSI DEPAN ANDA
Pesawat terbang itu ibarat rumah bagi Pramugara / Pramugari. Saat Anda menaiki pesawat, bayangkanlah diri Anda memasuki rumah orang. Tentu hal baik yang perlu Anda lakukan adalah bertingkah laku sopan. Meski Anda membayar sekali pun saat masuk ke rumah orang, tata-krama tetaplah harus dijaga.

Nah, yang paling sering terjadi adalah : Banyak penumpang yang gemar mengangkat kaki dan menumpangkan kaki mereka di kursi di depannya. Selain tidak menyenangkan, tindakan ini sangat mengganggu penumpang lain, dan tentu saja tidak sopan. Terlebih jika saat Pramugari / Pramugara berlalu-lalang dan harus melewati kaki Anda yang terangkat dan terjulur ke wajah mereka.

Sungguh tidak sopan ....



8. JANGAN BAWA TAS TERLALU BESAR KE DALAM PESAWAT
Dalam setiap aturan penerbangan, ada batasan besaran tas yang bisa dibawa ke dalam pesawat. Sayang, banyak penumpang yang tidak memperhatikannya dan membawa tas yang sangat besar ke dalam pesawat.

Tentu tas demikian sangat berisiko dan berbahaya. Selain sulit disimpan di kabin, tas besar yang berat dapat membuat kabin jebol, sehingga tas jatuh dan menimpa penumpang lain. Selain itu, Pramugari / Pramugara akan kesulitan untuk mengangkat tas tersebut ke atas kabin. Karena itu, bijaksanalah dalam membawa tas ke dalam pesawat. Jangan nyiksa orang.... !!!



9. JANGAN MENUNTUT DILAYANI LEBIH DAHULU
Salah satu sifat manusia adalah : EGO. Dan banyak orang yang memiliki ego yang sangat tinggi, sehingga menuntut untuk dilayani terlebih dahulu, terutama Anda yang merasa membayar "lebih mahal" daripada penumpang lain.

Perlu Anda ketahui bahwa semua Pramugari / Pramugara memiliki sistem standar operasional yang telah ditentukan dan diajarkan kepada mereka saat melayani penumpang. Karena kondisi pesawat yang sempit dengan ruang gerak yang terbatas, mereka harus bergerak seefisien mungkin agar bisa melayani semua penumpang. Untuk itu, mereka biasanya memberlakukan sistem pelayanan dari depan ke  belakang, atau dari belakang ke depan saat membagikan makanan atau minuman. Jika posisi duduk Anda adalah di baris tengah, jangan menuntut untuk didahulukan hanya lantaran Anda sudah sangat lapar atau sangat haus. Biarkanlah para Pramugari / Pramugara melakukan pekerjaan mereka sesuai urutan yang telah ditentukan. Sebab jika tidak, maka ada kemungkinan ada penumpang yang tidak mendapat bagian makanan, dan itu bisa menyebabkan "chaos" di dalam pesawat.



10. PERHATIKAN SETIAP INSTRUKSI YANG MEREKA BERIKAN
Beberapa menit sebelum pesawat tinggal landas, Pramugari / Pramugara akan memperagakan prosedur keselamatan kepada Anda. Meski Anda sudah mengetahui prosedur itu dan telah melihat peragaan itu ratusan kali, tetaplah berikan perhatian Anda dengan memperhatikan peragaan itu.

Pramugara / Pramugari melakukan tugasnya untuk memastikan keselamatan Anda. Karena itu, pastikan Anda memberikan apresiasi Anda pada usaha mereka. Sebab pada akhirnya, semua hal itu untuk kenyamanan Anda juga.


Comments


  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete
  2. "Selamat siang Bos ��
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"