Friday, May 5, 2017

10 Gadget Keluaran 2017 Paling Ga Bermanfaat. Kamu Punya?

Sepertinya setiap hari selalu muncul produk gadget inovasi baru yang digadang-gadang sebagai produk yang memudahkan hidup manusia. Well... sebagian memang benar. Tetapi tidak sedikit gadget yang beredar di pasaran tidak bermanfaat sesuai harapan. Meski harganya mahal selangit, dan dipromosikan dengan sangat gencar, produk itu sama sekali tidak berguna dan pada akhirnya merugikan konsumen.

Berikut ini adalah 10 gadget paling mahal yang dirilis tahun ini. Produk ini disebut-sebut sebagai produk paling keren dan paling bermanfaat bagi hidup manusia. Nyatanya? Ga kok. Malah parahnya, produk ini sama sekali ga bermanfaat dan ga kepake. Hadeuh... kalo sudah begini, buat apa beli ???

1.  GRIFFIN HOME CONNECTED TOASTER
Beberapa waktu lalu, seuah perusahaan teknologi Amerika Serikat bernama Griffin Technology merilis sebuah rumah tangga berteknologi tinggi. Namanya Home Connected Toaster. Fungsinya? Ya, cuma sebuah toaster (pemanggang roti) biasa. Yang membedakan produk ini dengan toaster yang lain adalah teknologinya di mana produk ini dapat diaktifkan dengan menggunakan aplikasi di Ponsel Cerdas (Smartphone) Anda.

Jika Anda merasa kurang canggih, aktifkan Bluetooth pada toaster ini dan Anda bisa mengaktifkannya tanpa perlu beranjak dari tempat duduk Anda. 

Yep... untuk seorang Pemalas, produk ini memang canggih. Anda tidak perlu bergerak sedikit pun hanya untuk membuat roti bakar atau memanggang roti. Tapi toh, Anda tetap harus berjalan mengambil roti itu kan?

Tidak ada yang istimewa dari toaster ini selain "teknologi" aktivasinya yang bisa dilakukan dari tempat yang sangat jauh. Dan dengan harganya yang fantastis (US$ 99.99 atau sekitar Rp 1,3 juta), Anda bisa mendapatkan Toaster berteknologi tinggi ini. Dan - percaya atau tidak - produk ini sudah terjual habis. Jika Anda membutuhkannya, sepertinya Anda harus menunggu bulan Juli - Agustus 2017 mendatang.



2. INVOXIA NVX 200
Sebuah perusahaan gadget terkemuka di Amerika bernama Invoxia baru-baru ini merilis produk NVX 200, sebuah produk yang memungkinkan Anda menerima telepon dan berbicara dengan orang tanpa harus menempelkan telepon ke telinga. Caranya? Letakkan ponsel Anda ke NVX 200, dan alat ini akan secara otomatis berfungsi sebagai pengeras suara yang akan membuat Anda berbicara dengan orang di telepon dari jarak yang jauh.

Harga produk ini? Tidak kurang dari US$ 249 (Rp 3.3 juta).

Sepertinya Invoxia lupa kalau semua ponsel yang beredar saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi bernama "Handsfree" atau "Speaker". Jadi kalau tidak ingin ponsel ditempelkan di telinga, ya tinggal aktifkan saja Speaker yang ada di ponsel. Suara Anda masih bisa didengar oleh orang yang berbicara di telepon, meski Anda berada di tempat cukup jauh.

Kira-kira apa ada orang yang mau beli NVX 200 ya?



3. L'OREAL, WITHINGS, AND KERASTASE HAIR COACH
Produk berbentuk sikat ini berfungsi untuk mengetahui kesehatan rambut Anda. Cara kerjanya : Cukup gosokkan sikat itu ke rambut Anda, maka produk ini akan segera mendapatkan data tentang kesehatan rambut Anda. Sikat ini juga disertai dengan mikrofon untuk menghitung jumlah rambut dan pola rambut. Produk ini juga dilengkapi dengan akselerometer dan giroskop (untuk menganalisa jumlah rambut yang patah). Semua data ini bisa dibaca lewat aplikasi di ponsel.

Dibandrol dengan harga US$ 200 (Rp 2,7 juta), produk ini dicap banyak orang sebagai produk yang sangat "mengganggu" dan sangat tidak bermanfaat. Bahkan ada ahli rambut yang mempertanyakan, "Apa gunanya data kondisi rambut yang saya dapatkan dari sikat ini? Bahkan anak SMA saja jauh lebih cerdas dan bisa membaca kondisi rambutnya daripada sikat ini."



4. SEVEN DREAMERS LABORATORIES LAUNDROID
Perusahaan teknologi Seven Dreamers Laboratories baru-baru ini menghebohkan netizen dunia dengan produk mesin cucinya yang tidak saja dapat mencuci pakaian, tetapi juga dapat melipat pakaian yang sudah dicuci.

Di dalam mesin cuci tersebut terdapat tangan robot yang dapat melipat baju. Sehingga baju yang sudah dicuci dan kering, akan segera dilipat dan pengguna mesin bisa langsung menyimpan pakaian tersebut di lemari. Praktis bukan?

Masalahnya, untuk bisa melihat 1 kaos sederhana saja, dibutuhkan waktu 5 menit. Bisa Anda bayangkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan jika harus melihat 20 baju yang dicuci sekaligus dalam mesin cuci tersebut? 



5. NIKE HYPER ADAPT 1.0
Nike baru-baru ini merilis sepatu berteknologi tinggi yang disebut mampu menjawab tantangan orang-orang sibuk di masa kini. Sepatu tersebut bernama Hyper Adapt 1.0. Sepatu berharga US$ 720 (sekitar Rp 9.7 juta) mampu secara otomatis mengikat tali sepatu sendiri. Sepatu ini memiliki sensor yang mampu mengukur ukuran kaki pengguna sepatu. Dengan demikian, sepatu ini dapat mengikat tali sepatu sesuai ukuran kaki pengguna, tanpa terlalu kencang maupun longgar.

Masalahnya, sensor ini menggunakan batere dalam pengoperasiannya. Jadi - sama seperti ponsel - sepatu ini harus rutin di-charge agar dapat berfungsi dengan baik. Jika pengguna lupa meng-charge sepatunya, dan baterenya habis? Ya, terpaksa pengguna mengikat tali sepatu sendiri seperti pengguna sepatu pada umumnya. Jika demikian, jadi apa bedanya membeli sepatu ini dengan sepatu olah-raga normal pada umumnya?



6. HUSHME
Anda sedang menerima telepon dari Bos yang bercerita panjang lebar, sedangkan di waktu bersamaan, Anda harus mengerjakan pekerjaan penting. Bagaimana caranya agar bisa melakukan kedua pekerjaan itu secara bersamaan?

Jawabannya : Hushme.

Produk ini diklaim sebagai "Masker Suara untuk Ponsel Pintar Pertama di dunia". Dengan bentuk yang sangat futuristik seperti masker yang dikenakan Bane (salah satu musuh Batman), pengguna dapat menerima telepon dan berbicara, sementara kedua tangannya mengerjakan pekerjaan lain. Percakapan yang dilakukan pun tidak akan mengganggu orang di sekitar, dan pengguna Hushme tidak perlu berteriak-teriak saat menerima telepon. Cukup berbicara dengan suara pelan, suaranya sudah didengar oleh penelepon.

Meski terlihat keren dan idenya cukup kreatif, namun untuk saat ini, Hushme masih merupakan "barang aneh" yang mungkin belum mampu diterima oleh masyarakat di masa kini.



7. AIR CONDITIONED SHOES
Hydro-Tech baru-baru ini merilis sebuah produk sepatu yang mereka namakan Air Conditioned Shoes. Sepatu ini merupakan sepatu dengan lubang di bawah sol sepatu. Fungsinya? Agar ada tambahan angin yang masuk ke dalam sepatu, sehingga kaki pengguna sepatu masih tetap nyaman saat mengenakan sepatu tersebut.

Pada sol sepatu terdapat teknologi "filter" yang unik, sehingga dapat mencegah "benda aneh" masuk ke dalam lubang sol sepatu tersebut.

Sepatu ini dijual dengan harga US$ 75 ( Rp 1 jutaan) dan digadang sebagai sepatu paling nyaman yang pernah dibuat.

Hanya ingin mengingatkan : Jika Anda mengenakan sepatu ini, pastikan untuk tidak berjalan di jalan yang becek, atau ada genangan air ya....



8. USB PET ROCK
Mungkin gadget paling ga penting yang dirilis tahun ini adalah USB Pet Rock. Sesuai bentuknya, USB Pet Rock adalah sebuah batu yang di salah satu bagiannya dipasangi kabel dan colokan USB. Apa yang terjadi jika Anda menyolok kabel itu di komputer Anda? Tidak terjadi apa-apa.

Lalu apa fungsi USB Pet Rock? Tidak ada.

Menurut kreator produk ini - ThinkGeek - USB Pet Rock diciptakan untuk menumbuhkan rasa penasaran orang saja. Ketika seseorang melihat ada batu yang dihubungkan dengan kabel data, mereka akan penasaran dan bertanya pada Anda. Dan Anda pun akan menjadi pusat perhatian banyak orang. Hanya itu saja.

Lalu buat apa buang-buang uang untuk membeli "teknologi" ga penting seperti ini?



9. PRIVACY SCARF
Sebuah perushaan bernama OJ, baru-baru ini mengeluarkan sebuah produk scarf (penutup kepala) bernama Privacy Scarf. Bentuknya memang seperti penutup kepala, tetapi fungsinya cukup unik : Melindungi provasi.

Banyak orang yang tidak suka apabila ada orang lain yang mengintip layar komputernya, atau melihat ponselnya. Agar mendapatkan privasi lebih, maka pengguna dapat mengenakan Privacy Scarf. Cara penggunaannya cukup mudah : Scarf ini memiliki corong yang berfungsi untuk menutupi monitor maupun ponsel Anda. Jadi saat Anda tidak ingin monitor dan ponsel Anda dilirik orang, tinggal tutupi saja dengan Privacy Scarf, dan Anda dapat lebih leluasa menggunakan gadget tanpa diliat orang.

Bukankah dengan mengenakan Privacy Scarf, Anda makin menjadi pusat perhatian orang, dan makin membuat orang penasaran untuk mengetahui apa yang Anda kerjakan dengan gadget Anda?



10. PAUSE
Pause adalah produk yang diklaim sebagai produk "paling inovatif yang mengembalikan fungsi sosialisasi manusia seperti sedia kala".

Poduk ini merupakan sebuah kotak yang cukup unik yang berfungsi untuk memblok semua jaringan wi-fi maupun internet. Dengan demikian, tidak akan ada jaringan internet apapun di dalam sebuah ruangan, sehingga mau-tidak mau semua orang di dalam ruangan harus bersosialisasi dan tidak dapat menggunakan perangkat ponsel mereka.

Idenya mungkin sangat bagus. Tetapi ada cara yang lebih efisien dan murah : Matikan saja ponsel Anda, dan mulailah berinteraksi dengan orang di sekitar Anda.