Thursday, September 10, 2015

10 Lagu yang Pantang Dinyanyikan Di Pesta Pernikahan

Pesta Pernikahan adalah sebuah perhelatan akbar yang sangat sakral. Pada acara itu, sepasang pria dan wanita menyatakan diri sebagai pasangan suami-istri kepada teman-teman dan kerabatnya. Tentu saja acara itu dipenuhi rasa suka-cita dan bahagia karena semua orang menjadi saksi dari persatuan dua hati tersebut.

Dalam pesta tersebut, biasanya pasangan tersebut punya lagu khusus yang digunakan sebagai lagu pengiring masuknya pengantin ke ruang resepsi, atau "theme-song" dari pesta pernikahan mereka. Dengan lagu ini, diharapkan setiap kali mendengar lagu tersebut, maka ingatan mereka terngiang kembali akan masa-masa bahagia tersebut. Banyak lagu-lagu romantis yang bisa dijadikan "theme-song". Tapi sebelum memilih lagu tersebut, ada baiknya Anda pahami dulu lirik lagu dan latar belakang lagu tersebut. Jangan karena musiknya "kedengaran romantis" atau lagunya lagi tren saat ini, Anda main coplok aja dan menggunakannya sebagai "theme-song" untuk acara pernikahan Anda. Salah-salah, kalo liriknya tidak pas, rusak deh kenangan masa indah itu.

Agar Anda tidak keliru memilih lagu, berikut ini adalah 10 lagu yang pantang dinyanyikan dalam pesta pernikahan atau pun Anda pilih sebagai "theme-song" pernikahan Anda. Mengapa? Ini alasannya :

1. XIE XIE NI TE AI (dipopulerkan oleh Andy Lau)
Sekitar tahun 1990-an (bahkan hingga hari ini), lagu "Xie Xie Ni Te Ai" menjadi salah satu lagu yang sangat populer dan sering dinyayikan serta digunakan sebagai "theme-song" dalam berbagai pesta pernikahan di Indonesia. Secara harafiah, judul lagu ini adalah "Terima Kasih Atas Cintamu". Mungkin Anda berpikir lagu ini sangat romantis dan dapat mewakili isi hati Anda pada pasangan, sehingga memilih lagu ini sebagai "theme-song" dalam pernikahan Anda. Padahal isi lagu ini benar-benar jauh dari yang Anda duga.

Lagu ini sebenarnya menceritakan tentang seorang pria yang menolak cinta seorang wanita karena pria tersebut telah mengalami puluhan kali patah hati. Karena kecewa dan terluka oleh cinta, maka ketika ada seorang wanita yang mendekatinya, sang pria menolaknya, dan memilih untuk hidup sendiri saja.

Ga percaya?


Coba dengarkan baik-baik lirik pada Refrein lagu ini :

Shi bu gan bu xiang bu ying gai Zai xie xie ni de ai
Wo bu de bu cun zai A xiang yi ke chen ai
Hai shi hui dai gei ni shang hai 


Shi bu gan bu xiang bu ying gai Zai xie xie ni de ai
Wo bu de bu cun zai A zai ni de wei lai
Zui pa zhe yang jiu shi dai gei ni yong yuan de shang hai


(Aku merasa tidak mau, tidak pantas, dan tidak patut berkata "terima kasih" untuk cintamu,
Tanpa daya, hidupku hanyalah setitik debu,
Yang akan selalu membuat hatimu terluka,

Aku merasa tidak mau, tidak pantas, dan tidak patut berkata "terima kasih" untuk cintamu,
Tanpa daya, aku terlahir dan menjadi bagian masa depanmu,
Yang akan membuatmu terluka selamanya...)

Nah, kalau sudah tahu isi lagu ini, masih merasa lagu ini romantis?



2. SOMEONE LIKE YOU (dipopulerkan Adele)
Yang bilang lagu ini "romantis" dan menjadikannya sebagai "theme-song" untuk pesta pernikahan, pasti tidak memahami lirik lagu ini.

Meski judulnya "pas", musiknya juga mengalun asyik banget, dan mungkin juga sebagai lagu favorit Anda dan pasangan saat berkaraoke dulu, tetapi jangan pernah pakai lagu ini sebagai "theme-song" pesta pernikahan Anda. Bagi yang pernah membaca lirik lagunya (serta tahu latar belakang pembuatan lagu ini), tentu tahu kalau lagu ciptaan Adele ini bercerita tentang rasa sakit hati Adele karena dikhianati dan ditinggalkan kekasihnya. Lewat lagu itu, Adele menyampaikan ucapan selamatnya kepada sang kekasih (yang telah menikah dengan orang lain), dan berharap dia kelak dapat dipertemukan Tuhan dengan kekasih yang "sama seperti dirimu (kekasih Adele)".

Sebenarnya tidak terlalu sulit merasakan kepedihan hati Adele dalam lagu ini. Sejak bait pertama saja, sudah jelas kalau lagu ini bertemakan kesedihan yang amat-sangat.

I heard that you're settled down
That you found a girl and you're married now.
I heard that your dreams came true.
Guess she gave you things I didn't give to you.


(Aku dengar kalau kau sudah memutuskan,
Kalau kau telah menemukan kekasih dan telah menikah sekarang,
Kudengar kini impianmu sudah terwujud,
Kurasa dia telah memberikan padamu sesuatu yang tidak kuberikan padamu ...)

Semakin lama, lirik lagu ini semakin sedih dan menyayat hati. Puncakya bisa Anda perhatikan pada Refrein lagu ini :

Never mind, I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don't forget me, I beg
I'll remember you said,
"Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead,
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead"


(Tidak apa, aku akan menemukan seseorang sepertimu,
Aku hanya mendoakan yang terbaik untukmu,
Jangan lupakan aku, aku mohon,
Aku akan ingat apa yang kau katakan,
"Kadang hubungan itu berakhir dalam cinta, tapi kadang juga berakhir duka,
Kadang hubungan itu berakhir dalam cinta, tapi kadang juga berakhir duka.")

Saya tidak bisa membayangkan apa yang akan Anda ingat dari pesta pernikahan Anda jika "theme-song" yang digunakan pada waktu itu adalah lagu ini ...



3. FOREVER AND ALWAYS (dipopulerkan oleh Parachute)
Irama lagu ini cukup asyik, dan sangat pantas dijadikan lagu pengiring bagi pasangan pengantin muda. Nuansa yang dibawa lagu ini pun terdengar sangat pas dan asyik. Tidak kaku, sangat relaks, dan membawa suasana yang riang. Bahkan ketika mendengar lagu ini saja, Anda bisa langsung membayangkan suasana pernikahan yang begitu romantis : Gereja yang dihiasi pita putih dan bunga warna-warni. Sang pria mengenakan tuksedo berdiri di depan altar, kemudian sang mempelai wanita cantik mengenakan pakaian pengantin warna putih, lalu perlahan berjalan menghampiri sang pria dengan wajah sumringah bahagia. Lalu latar belakang mereka adalah alunan lagu ini. Wuih... kebayang suasananya romantis dan mengharukan sekali.

Jika hanya membaca judul dan mendengar irama lagu ini, Anda pasti tidak akan mengira kalau lagu ini adalah lagu sedih. Jika Anda baca liriknya dari awal hingga akhir, maka Anda akan menyadari kalau lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang menanti kekasihnya yang akan menjemput dirinya. Tapi ternyata sang kekasih mengalami kecelakaan. Beberapa saat sebelum meninggal, sang gadis datang ke rumah sakit untuk menengok kekasihnya. Ketika melihat kondisi kekasihnya yang sudah sekarat, gadis itu mengajak orang di rumah sakit untuk melakukan prosesi pernikahan buat dirinya dan kekasihnya. Tepat setelah prosesi pernikahan usai dilakukan, sang pria pun meninggal. 

Ya.... lagu sedih ini dengan cerdas ditutupi dengan banyak kata mesra seperti "I want you forever and always", "We still love each other, forever and always", dan berkali-kali kata-kata "forever and always" diucapkan, seolah-olah lagu ini merupakan lagu yang sangat romantis. Padahal lagu ini mengisahkan kisah cinta yang cukup tragis.

 


4. YOU'RE BEAUTIFUL (dipopulerkan oleh James Blunt)
Lagu ini terdengar sangat romantis sekali, seolah-olah mengisahkan seorang pria yang memuja kecantikan gadis pujaannya. Saya yakin, gadis mana pun yang mendengar kekasihnya menyanyikan lagu ini akan langsung luluh. Kalau pun saat itu juga dilamar, sang gadis tanpa pikir panjang akan bilang "Yes". Tapi tunggu dulu... kira-kira Anda tahu gak apa cerita di balik lagu itu sebenarnya? 


Meski sepertinya lagu ini mengisahkan tentang seorang pria yang memuji kecantikan kekasihnya, namun sebenarnya lagu ini adalah lagu tentang pecandu narkoba yang psikopat. Ceritanya, Sang Pecandu Narkoba sedang dalam kondisi nge-fly dan bersiap menaiki kereta bawah tanah. Pada saat itu dia berpapasan dengan seorang gadis cantik sekali. Masalahnya, gadis itu sedang bersama kekasihnya. Tapi Sang Pecandu Narkoba tidak perduli. Dia berusaha untuk bisa dekat gadis itu (kalau perlu melakukan hal yang tidak berkenan pada sang gadis). Untungnya, dia tidak berhasil mendekati gadis itu, dan selamatlah sang gadis dari "orang gila" yang mencoba mengganggu dirinya.

 Yes, she caught my eye,
As we walked on by.
She could see from my face that I was,
Flying high.
And I don't think that I'll see her again,
But we shared a moment that will last 'til the end.


(Ya, dia melirik padaku
Saat kita berpapasan
Dia dapat melihat wajahku yang saat itu sedang sakau parah
Dan kupikir aku tidak akan berjumpa dengannya lagi
Tapi kita sempat berbagi masa yang tidak akan pernah berakhir)

Dan sepertinya para gadis harus berpikir ratusan kali untuk menerima lamaran pria-pria yang melamarmu dengan lagu ini ....



5. MY HEART WILL GO ON (dipopulerkan oleh Celine Dion)
Tahun 1997, film Titanic menjadi salah satu film blockbuster terdasyat sepanjang sejarah. Dibuat dengan dana US$ 200 juta, film ini meraup keuntungan finansial hingga US$ 2,187 trilyun. Sebuah prestasi yang luar biasa. Tidak hanya film, tapi lagu tema di dalam film ini pun - My Heart Will Go On yang dinyanyikan Celine Dion - menjadi sangat populer. Bahkan pada masa itu, lagu ini sering digunakan sebagai lagu pengiring dalam pesta pernikahan. 

Mungkin terkesan romantis, tapi lagu ini sebenarnya menceritakan kepedihan hati sang penyanyi karena ditinggal mati kekasihnya. Meski sedih, dia memutuskan untuk melanjutkan hidup,mencari kekasih baru, meski hati dan cintanya masih terpaut kekasihnya yang sudah meninggal itu. 

Near, far, wherever you are
I believe that the heart does go on
Once more you open the door
And you're here in my heart
And my heart will go on and on


(Dekat, jauh, di mana pun kau berada
Aku percaya hati ini akan terus melangkah
Ketika kau buka pintu [hatiku]
Kau akan tahu kalau kau ada di hatiku,
Dan hatiku akan terus melangkah)

Menikah diiringi lagu kesedihan karena ditinggal mati (mantan) kekasih, dan hatimu sendiri masih terpaut pada dirinya? Rasanya ga banget deh ....



6. I WILL ALWAYS LOVE YOU (dipopulerkan Dolly Parton / Whitney Houston)
Hingga hari ini, lagu yang sempat sangat populer di tahun 1991 - karena menjadi lagu tema film The Bodyguard - masih dinyanyikan, bahkan digunakan oleh banyak pasangan sebagai "theme-song" pengiring pernikahan mereka. Judulnya yang romantis, seolah menjadi pernyataan hati kedua sejoli yang berikrar akan "mencintaimu selama-lamanya".

Mungkin kalau sudah tahu tema dan isi lagu tersebut, pasti Anda akan langsung ilfil. Lagu ini sebenarnya mengisahkan tentang perpisahan sepasang sejoli karena sudah tidak sejalan. Meski mereka sudah berpisah, dan hati masih memendam cinta, namun mereka sudah sepakat untuk tidak akan bersatu lagi selamanya. Ga percaya? Ini bagian liriknya yang menceritakan hal itu :

Bittersweet memories –
That is all I'm taking with me.
So good-bye.
Please don't cry:
We both know I'm not what you, you need

And I... will always love you
I... will always love you
You, ooh


 (Kenangan pahit,
Itulah yang akan kuingat darimu,
Jadi selamat tinggal,
Jangan menangis,
Kita berdua tahu kalau aku bukanlah orang yang kau butuhkan,
Dan aku akan selalu mencintaimu
Aku akan mencintaimu,
Mencintaimu... Ooooh....)

Kenangan Pahit..... Perpisahan .... Dan tidak saling membutuhkan lagi. Sepertinya bukan hal yang perlu Anda ingat dari Pesta Pernikahan Anda.



7. LIPS OF AN ANGEL (dipopulerkan oleh Hinder)
Pasti ada pria yang pernah menggunakan lagu ini untuk mendapatkan hati wanita pujaannya, atau pun pernah mengunakan lagu ini sebagai "theme-song" pernikahan mereka. Wa... lagunya memang sangat romantis. Wanita mana yang tidak terbuai saat mereka mendengar kekasihnya memuji dia karena memiliki "bibir seorang Malaikat".

Kalau memuji kekasih sih boleh-boleh saja, tapi plis jangan pakai lagu ini. Mengapa? Karena lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang sudah punya kekasih dan diam-diam berselingkuh dengan gadis lain. Sang pria bahkan memuja-muja gadis itu, dan sangat senang ketika gadis itu satu malam mengajaknya kencan.

Well, my girl's in the next room
Sometimes I wish she was you
I guess we never really moved on
It's really good to hear your voice saying my name
It sounds so sweet
Coming from the lips of an angel
Hearing those words it makes me weak


(Hai, Gadisku yang tinggal di kamar sebelah
Kadang-kadang aku berharap kamu adalah dia [kekasihku yang sekarang]
Kukira kita berdua tidak benar-benar melanjutkan hidup kita masing-masing
Sungguh senang saat mendengar suaramu menyebut namaku
Kedengarannya menyenangkan
Suara yang keluar dari bibir seorang Malaekat
Mendengar kata-katamu, tubuhnya jadi lunglai)

Sudah tahu kan makna lagu ini? Nah, apakah Anda - para wanita - masih trenyuh dan terharu ketika kekasihmu menyanyikan lagu ini untukmu? Saran saya : kalau sampai kekasihmu memilih lagu ini sebagai "theme-song" pernikahan kalian, tinggalkan dia !!!!



8. EVERY BREATH YOU TAKE (dipopulerkan The Police)
Pada awal tahun 1980-an, lagu ini sangat populer dan sering digunakan dalam berbagai acara pernikahan. Bahkan sepertinya hingga hari ini pun ada beberapa orang yang menggunakan lagu ini sebagai "theme-song" pesta pernikahan mereka.

Musiknya sangat khas dan memorabel. Liriknya pun seolah-olah mengungkapkan perasaan pasangan kekasih yang telah dipersatukan dalam tali perkawinan yang sakral, sehingga "setiap hembusan nafasku telah menjadi hembusan nafasmu". Meski Anda mengira demikian, tapi faktanya lagu ini jauh dari suasana romantis. Alih-alih menghadirkan aura kebahagiaan, lagu ini justru menyebarkan ketakutan. Tema lagu ini sendiri adalah tentang seorang pria psikopat yang jatuh hati pada seorang gadis. Sakin jatuh hatinya, dia mengikuti segala gerak-gerik gadis itu. Dia merasa gadis itu adalah miliknya, dan tidak boleh ada seorang pun yang boleh mendekatinya.

Every breath you take
Every move you make
Every bond you break
Every step you take
I'll be watching you.



(Setiap tarikan nafas,
Setiap gerakanmu
Setiap ikatan yang kau patahkan
Setiap langkah yang kau ambil
Aku mengawasimu ...)


Ya, Tuhan.... Pasanganku di pernikahan adalah seorang psikopat....!!!!!



9. WEN BIE (dipopulerkan oleh Jacky Cheung)
Saya sempat kaget saat menghadiri pernikahan seorang teman, sang MC menyanyikan lagu berbahasa Mandarin berjudul "Wen Bie" sebagai lagu pengiring masuknya sang pengantin ke ruang resepsi. Terus terang, pemilihan lagu ini untuk prosesi pengantar pengantin masuk ruang resepsi benar-benar sangat keliru.

Mengapa?

Karena Wen Bie (yang judulnya sendiri berarti "Ciuman Perpisahan") adalah lagu perpisahan yang sedikit "ngaco" dan "vulgar". Memang musiknya yang oriental sangat mendukung suasana romantis dalam pernikahan. Tapi plis... lirik dan makna lagu ini sangat tidak pas untuk acara itu. Dengarkan saja Refrein lagu tersebut :

Wo he ni wen bie zai wu ren de jie
Rang feng chi xiao wo bu beng ju jue
Wo he ni wen bie zai kuang luan de ye
Wo te xing deng zhe ying jie shang bei

(Ciuman perpisahan kita berdua di jalan yang kosong,
Membuat angin tertawa bodoh, dan menyuruhku jangan perduli
Ciuman perpisahan kita berdua di malam yang liar
Membuat hatiku harus menantikan kesedihan yang panjang)

Cukup vulgar, karena penyanyi lagu ini menceritakan dia melakukan "hubungan intim" dengan kekasihnya semalam sebelum berpisah, agar menjadi "memori yang indah" yang akan dia kenang selamanya. Dan parahnya, "hubungan intim" itu dilakukan di tengah jalan yang sepi, saat semua orang sudah tidur. Omigod..... Apa pantas lagu ini dipakai untuk mengiringi pengantin masuk ke Ruang Resepsi Pernikahannya?



10.MARRY YOU (dipopulerkan oleh Bruno Mars)
Belakangan lagu ini banyak digunakan oleh para pasangan muda yang "funky" sebagai lagu pengiring pernikahan mereka. Musiknya yang nge-beat dan ceria, benar-benar membawa nuansa yang menyenangkan. Siapapun yang mendengar, pasti akan setuju kalau lagu ini sangat pas sebagai "theme-song" pernikahan siapapun, terutama orang-orang berjiwa muda.

Dan sepertinya - karena "terbuai" dengan nuansa kebahagiaan yang diusung Bruno Mars - tidak ada orang yang benar-benar serius memperhatikan lirik lagu ini. Jika diperhatikan dengan seksama, Anda akan segera menyadari kalau lagu ini bukanlah lagu pernikahan, tapi lagu cibiran tentang pernikahan. Lewat lagu ini, Bruno Mars mengatakan kalau pernikahan itu adalah tindakan konyol dan cuma buat lucu-lucuan saja.

Di awal lagu, lirik lagu ini sudah mengenyitkan kening :

It's a beautiful night,
We're looking for something dumb to do.
Hey baby,
I think I wanna marry you.


(Malam ini indah
Kita sedang berpikir melakukan hal bodoh,
Hai, Kekasihku
Kupikir aku akan menikahimu)

Jika Anda pikir lirik ini biasa dan "sangat wajar", maka cobalah Anda dengar hingga tuntas. Maka di bait terakhir lagu ini, Anda akan mendengar :

If we wake up and you wanna break up that's cool.
No, I won't blame you;
It was fun, girl.


(Jika kita bangun tidur dan kau ingin putus, ga masalah kok
Tidak, saya tidak akan menyalahkanmu
Ini buat senang-senang saja kok, Gadisku)

Oooo... menikah itu buat senang-senang saja ya? Jadi ga masalah toh kalau sesudah menikah hari ini, besok kita cerai?