10 Nasihat Kecantikan Terburuk dari Seleb Dunia

Berparas cantik. Bertubuh sempurna. Itulah idaman banyak wanita di dunia ini. Dan seringkali penampilan para artis dan selebritis menjadi gambaran ideal cantik sempurna para wanita dunia. Tidak heran jika banyak wanita yang ingin tahu apa rahasia kecantikan dari setiap selebritis itu. Majalah dan media televisi pun rajin merilis acara  talk-show yang menghadirkan para selebritis cantik untuk menceritakan "rahasia kecantikan" mereka.

Ada beberapa yang memberikan tips-tips kecantikan "standar" (tidur teratur, diet ketat, banyak minum air putih, selalu berpikiran positif, dan lain-lain). Tapi tidak sedikit yang memberikan nasihat kecantikan aneh yang bikin kening berkerut. Berikut ini adalah 10 tips kecantikan paling aneh dari para selebritis dunia. Anda berani mencoba?

1. PASIR TIDUR KUCING
Dalam bukunya yang berjudul Confessions of a Guidette, artis Nicole Elizabeth LaValle - yang dikenal dengan nama panggung Snooki - mengatakan bahwa rahasia kehalusan dan kekecangan kulitnya tidak lain berkat kebiasaannya mengusapkan pasir tidur kucingnya. Pemeran Nicole Polizzi di serial reality-show Jersey Shore ini menjelaskan, biasanya dia mengambil sebagian pasir tersebut, kemudian mencampurkannya dengan air, lalu mengoleskan ke wajah layaknya menggunakan masker.

Padahal secara medis, penggunaan pasir tidur itu sangat berisiko. Karena partikel pasir ini sangat halus seperti debu, maka kemungkinan besar selalu ada partikel tersebut yang terhisap. Belum lagi mengusapkan pasir yang telah ditiduri kucing itu ke wajah, jelas-jelas dapat merusak kulit karena pasir tersebut mengandung kotoran dan partikel berbahaya untuk kulit.



2. MAKAN TANAH LIAT
Untuk membuang zat-zat berbahaya - terutama zat yang terbuat dari partikel besi - dari dalam pencernaan, aktris Shailene Woodley (pemeran Beatrice "Tris" Prior di film Divergent Series) menganjurkan untuk makan tanah liat. Jumlah yang dianjurkannya adalah sekepalan tangan.

Makan sedikit tanah liat dipercaya Woodley tidak akan membuat tubuh mengalami gangguan pencernaan. Justru sebaliknya, tanah liat memberikan efek kesehatan yang luar biasa. Selain mengikat dan mendorong keluar semua partikel besi dari dalam tubuh, juga memudahkan pencernaan untuk membuang kotoran tersebut dalam bentuk feses.

Menanggapi saran Woodley, para ahli kesehatan mengingatkan para penonton bahaya mengonsumsi tanah liat karena tanah liat tidak saja membuat tubuh keracunan, tapi juga gangguan pencernaan seperti pengerasan usus, batu kemih, gangguan empedu, dan lain-lain.



3. TIDAK MENGGUNAKAN OBAT-OBATAN SEJAK LAHIR
Kecantikan dan kesehatan bisa dibentuk sejak dini, saat baru lahir. Oleh karena itu, mantan model Playboy dan pembawa acara Jenny McCarthy dalam bukunya Louder than Words : A Mother's Journey in Healing Autism, mendorong para orang tua untuk tidak mengizinkan anak-anak mereka diberi obat dan divaksinasi. Hal ini didasari dari pengalaman pribadinya di mana Evan, anak McCarthy, menderita autis setelah menerima vaksinasi Rubella. Lewat pemberian vitamin dan terapi, kini anaknya sembuh.

Saat ditunjuk sebagai pembicara dalam Talk About Curing Autism (TACA) tahun 2007 - 2008, McCarthy gencar menyerukan pada orang tua untuk melindungi anak-anak mereka dari pemberian vaksinasi agar masa depan anak-anak mereka jauh lebih baik.

Faktanya, vaksinasi justru baik bagi tubuh karena melindungi anak-anak sejak dini dari berbagai penyakit.



4. TERAPI HORMON
Aktris senior Suzanne Somers (68 tahun) yang juga penulis buku-buku motivasi, lewat bukunya yang berjudul Ageless : The Naked Truth About Bioidentical Hormones menjelaskan tentang rahasia kecantikan dirinya, yaitu menggunakan terapi hormon Bioidentical. Terapi Hormon Bioidentical - yang juga dikenal dengan istilah BHRT (Bioidentical Hormone Replacement Therapy) - adalah penggunaan hormon yang identik - dalam level molekular - dengan hormon endogenus (hormon sel tubuh) untuk menggantikan sel-sel tubuh yang telah mati.

Meski Somers meyakini penggunaan terapi ini sangat baik bagi kesehatan, namun faktanya terapi hormon sangat berbahaya, terutama bagi wanita yang telah mengalami menopause. Penelitian beberapa tahun belakangan ini menemukan bahwa Terapi Hormon justru meningkatkan risiko kanker payudara, penyakit kardiovaskuler, dan memicu stroke. Banyak dokter yang kemudian menentang tulisan Somers ini dan menyebutkan informasi Somers dalam bukunya "belum terbukti secara ilmiah dan sangat berbahaya".



5. CUKA
Artis sensual Megan Fox yang populer berkat film Transformers ini mengungkapkan bahwa rahasia bentuk tubuhnya yang indah tidak lain karena bantuan cuka. Setiap pagi untuk membersihkan sistem pencernaan tubuhnya, Fox selalu mengonsumsi sesendok makan cuka. Menurutnya, selain baik untuk diet, cuka juga sangat membantu menghilangkan sakit pada saat haid.

Meski demikian, dari penelitian belakangan ini, terungkap kalau cuka sama sekali tidak membantu pencernaan tubuh, apalagi membantu diet, dan detox. Cuka hanyalah cairan asam yang berguna memberikan rasa pada masakan, dan tidak memberikan efek apapun pada tubuh, meski diminum langsung. Justru cuka akan dapat merusak sistem pencernaan manusia jika dikonsumsi secara rutin dalam waktu yang lama.



6. BERJEMUR TANPA "SUNSCREEN"
Supermodel Gisele Bundchen sempat membuat para ahli kanker mengenyitkan kening saat mengatakan kalau berjemur tanpa perlindungan "sun-block" atau "sun-screen" sangat menyehatkan. Bahkan dia mendorong banyak orang untuk rajin berjemur di pagi hari (sebelum pukul 08.00) tanpa menggunakan cairan pelindungan cahaya matahari itu.

Faktanya, "sun-screen" adalah cairan yang dibuat khusus untuk melindungi tubuh dari sinar UVA dan UVB matahari yang sangat berbahaya bagi tubuh. Sinar tersebut dapat memicu kanker kulit apabila terlalu lama menyinari tubuh manusia. Bisa Anda bayangkan, apa yang terjadi pada kulit Anda jika Anda berjemur setiap hari tanpa dilindungi "suns-screen".



7.  MENGONSUMSI PLASENTA
Pasca melahirkan anak pertamanya, aktris January Jones yang bermain di serial televisi Mad Men meminta dokternya untuk mengeringkan plasentanya, kemudian meraciknya dalam pil untuk mudah dikonsumsi. Jones mengklaim, mengonsumsi plasentanya sendiri akan membuatnya terhindar dari depresi portpartum (pasca melahirkan), menghilangkan sakit setelah melahirkan, dan meningkatkan produksi ASI. Hal ini diperolehnya setelah mengamati tingkah-laku para hewan yang selalu memakan plasenta pasca melahirkan.

Meski kedengarannya masuk akal, banyak dokter yang tidak berani berkomentar karena belum ada fakta ilmiah yang mendukung klaim Jones tersebut.



7. TRIMSPA
Mantan aktris, motivator, dan mantan model Playboy Anna Nicole Smith rajin mengonsumsi Trimspa, sebuah produk diet dan penurun berat badan yang dirilis perusahaan Goen Technologies. Produk berbentuk kapsul ini menggunakan bahan utama Hoodia gordonii, sejenis tumbuhan yang hanya tumbuh di Afrika, dan diyakini mampu menekan nafsu makan. Selain itu, juga diberikan campuran serbuk Teh Hijau, Glucomannan, Ekstrak Coklat, Vanadium, dan Glucosamine. Dengan meminum pil tersebut 3 kali sehari, dipastikan dalam waktu 1 bulan, berat badan akan turun menjadi berat ideal.

Anna Nicole Smith telah membuktikannya, di mana berat tubuhnya yang 80 kilogram dapat turun menjadi berat ideal 64 kilogram dalam sebulan setelah mengonsumsi Trimspa. Begitu fanatiknya Smith akan produk ini, dia kemudian setuju menjadi "Brand Ambassador" produk tersebut pada tahun 2006 - 2007.

Namun rupanya TrimSpa punya efek samping, yaitu memicu depresi dan membuat pengonsumsinya gampang stres dan marah meledak-ledak. Bahkan beberapa bulan sebelum kematiannya akibat depresi dan penggunaan obat bius yang berlebihan, Smith melayangkan tuntutan hukum kepada Goen Technologies karena produk mereka telah merusak mentalnya.



8.SERUM ULAR BERACUN
Aktris Kate Moss sangat menyukai perawatan wajah ekstrim dengan menggunakan serum ular beracun. Perawatan yang dikenal dengan sebutan Rodial Glamoxy Snake Serum ini merupakan perawatan wajah paling revolusioner dan berbahaya karena menggunakan racun ular yang dioksigenasikan.

Menurut para ahli, efek penggunaan serum ular ini menyerupai efek penggunaan injeksi botoks pada tubuh. Sejauh ini pengguna Serum Ular Beracun mengakui kalau serum tersebut dapat mengurangi kerutan, serta melembutkan wajah, sehingga pengguna tampak lebih muda 10-15 tahun. Meski demikian, risiko alergi dan keracunan akan selalu membayangi pengguna serum ini.



9. DIET DENGAN MENGHIRUP AROMA MINYAK JERUK BALI
Aktris dan penyanyi Jennifer Lopez punya cara diet tidak umum yang terbilang cukup aneh. Setiap kali merasa lapar, Lopez selalu menghirup aroma minyak Jeruk Bali. Minyak ini diyakini tidak saja akan mematikan rasa laparnya, tetapi juga akan memicu enzim pembakar lemak dalam tubuhnya aktif.

Memang pernah ada penelitian yang dilakukan ilmuan Maastricht University, Netherland, yang menemukan bahwa aroma tertentu yang dapat menghentikan otak berpikir untuk makan saat perut lapar. Tapi tidak ada fakta yang membuktikan kalau Aroma Minyak Jeruk Bali dapat memicu aktifnya enzim pembakar lemak dalam tubuh manusia.



10.  DIET ASAM DAN PEDAS
Beberapa tahun terakhir ini, aktris Anna Friel telah melakukan diet Asam dan Pedas, di mana dia hanya mengonsumsi Sirup Marpel, Paprika, dan Jus Lemon. Campuran ketiga bahan itu diyakininya dapat menurunkan berat badan dan mempertahankan berat tubuh ideal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Dr Clare Collins dari Dietitians Association of Australia (DAA), campuran ketiga bahan tersebut memang terbukti ampuh menurunkan berat badan. Tapi sangat tidak sehat, karena akan memacu tubuh untuk membakar lemak, memproduksi enzim ketone (yang membuat bau mulut tidak sedap), memunculkan perasaan kelaparan parah, dan mudah lelah. Menurut Dr Collins, meminum campuran bahan tersebut di beberapa hari pertama diet, akan sangat membantu tubuh membuang zat-zat berlebihan dalam tubuh. Namun jika dilakukan secara rutin untuk waktu yang cukup panjang, akan sangat berbahaya bagi tubuh.


Comments

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"