10 Lagu dengan Tema Paling Aneh dan Tidak Lazim

Kebanyakan lagu yang kita kenal adalah lagu bertemakan percintaan, persahabatan, keluarga, dan motivasi. Tapi pernahkah Anda mendengar lagu-lagu yang bertemakan tentang sepatu, rambut, atau tema-tema aneh lainnya?

Ya, saya baru menyadari kalau ada lagu-lagu bertema aneh dan tidak lazim. Tidak saja liriknya, tapi juga penyanyi, dan musik pengiringnya.

Berikut ini saya tampilkan 10 lagu dengan tema teraneh dan tidak lazim yang pernah saya dengar.

1. LAGU BERTEMA TENTANG SEPATU
 Sepatu yang bentuknya unik dan lucu, sepatu yang selalu menemani kemana kita pergi, ternyata bisa jadi inspirasi sebuah lagu. Maka muncullah lagu-lagu bertemakan sepatu. Mulai dari kecintaan sang penulis pada sepatunya, hingga lagu tentang fungsi sepatu dan boots.

These Boots Are Made for Walkin' adalah lagu yang ditulis oleh Lee Hazlewood dan dinyanyikan Nancy Sinatra. Dirilis tanggal 22 Februari 1966, lagu ini menjadi hit dan menjadi jawara di Tangga Lagu Billboard Hot 100 Amerika Serikat dan UK Single Chart.  Pasca kesuksesannya, lagu ini kemudian banyak dinyanyikan oleh banyak penyanyi dengan berbagai macam versi (metal, rock, punk rock, country, dance, dan musik industrial). Beberapa penyanyi yang pernah mendaur-ulang lagu ini adalah Megadeth, Jewel, Jessica Simpson, Geri Halliwell, dan The Residents.

Seperti judulnya, lagu ini menceritakan tentang fungsi sepatu boots. Lagu ini banyak menggunakan permainan bas dengan penekanan di kunci "E". Lagu ini ada pada album Nancy Sinatra bertajuk Boots.

Selain lagu ini, beberapa lagu lain yang juga bertemakan sepatu adalah : Blue Suede Shoes (Elvis Presley), Goody Two Shoes (Adam Ant), New Shoes (Paolo Nutini), (The Angels Wanna Wear My) Red Shoes (Elvis Costello), Into The Old Man's Shoes (Elton John), Boogie Shoes (KC and the Sunshine Band), Walking in My Shoes (Depeche Mode), dan lain-lain.



2. LAGU BERTEMAKAN KEBINGUNGAN
Jangankan Anda, musisi pun pernah bingung. Bahkan sakin bingungnya, mereka kemudian menciptakan lagu yang menggambarkan kebingungan mereka ini.  Ada yang bingung tentang kehidupan, bingung tentang perasaannya saat ini, bahkan ada yang bingung dengan lagu mereka sendiri.

Salah satu lagu paling membingungkan adalah lagu Dazed and Confused yang ditulis dan dinyanyikan Jake Holmes. Dirilis bulan Juni 1967, lagu ini berisi rentetan lirik yang konteksnya tidak jelas. Tidak heran banyak orang yang kemudian mengomentari lagu ini sebagai lagu yang menceritakan kondisi Holmes dalam keadaan "nge-fly" karena mengonsumsi narkoba. Meski demikian, Holmes secara tegas membantah kalau dia pernah mengonsumsi narkoba, dan sama sekali tidak sedang "nge-fly" saat menulis lagu ini.

Dazed and Confused kemudian dibawakan oleh The Yardbirds pada tahun 1967, dan merekam lagu ini pada album mreka Live Yardbirds : Featuring Jimy Page yang dirilis tanggal 30 Maret 1968. Setelah The Yardbirds bubar pada tahun 1968, Led Zeppelin merekam lagu ini di London dan kemudian merilisnya untuk album debut mereka, Led Zeppelin, yang dirilis tangal 12 Januari 1969. Lagu ini sukses luar biasa, sehingga banyak orang yang kemudian mengira kalau lagu ini adalah lagu ciptaan Led Zeppelin.

Selain lagu tersebut, lagu lain yang bertemakan hal-hal yang membingungkan adalah : Love or Confusion (The Jimmy Hendrix Experience), Confusion (Alice in Chains), Never Understand (The Jesus and Mary Chain), Confusion is Next (Sonic Youth), Mixed-Up Confusion (Bob Dylan), Get Confused (Fischerspooner), I Can't Explain (The Who), dan lain-lain.



3. LAGU BERTEMAKAN RAMBUT
Anda kesal dengan rambut Anda yang bercabang dan rontok? Atau tidak suka dengan modelnya? Bagaimana dengan warnanya? Apakah Anda suka atau sebal dengan kapster di salon langganan Anda? Tenang, Anda tidak sendirian merasakan hal itu. Para musisi pun banyak yang punya kekesalan sendiri dengan rambutnya. Ada juga yang terkagum-kagum dengan keindahan rambutnya. Semua perasaan itu ditumpahkan dalam bentuk lagu. Jadilah lagu bertema soal rambut yang unik, dan lucu.

The Girl I Love She Got Long Black Wavy Hair yang dinyanyikan Led Zeppelin adalah lagu dengan lirik yang cukup menggelitik. Isi lagunya sendiri mengulas tentang kekaguman mereka pada rambut seorang gadis yang panjang dan bergelombang. Liriknya yang "bombastis" menceritakan tentang keindahan rambut (bukan sang gadisnya), menjadikan lagu ini terbilang cukup pas untuk menggambarkan keindahan rambut. Lagu tersebut pertama kali diperdengarkan tanggal 22 Juni 1969 di Siaran Radio BBC (British Broad-Casting) dan direkam di album Led Zeppelin BBC Sessions yang dirilis tahun 1997.

Selain lagu ini, ada pula beberapa lagu lucu lain yang bertemakan soal rambut : Hairspray Queen (Nirvana), Hairy (The Vaselines), I Think I'm Going Bald (Rush), Silver Haired Daddy of Mine (Johnny Cash), Cut My Hair (The Who), Suicide Blonde (INXS), Hair of The Dog (Nazareth), If You're Going to San Francisco (Scott McKenzie), dan lain-lain.



4. LAGU BERTEMAKAN PANTAT
Pantat menjadi salah satu bagian tubuh manusia yang ternyata paling banyak menjadi inspirasi dan digunakan dalam berbagai lagu. Penyebutannya pun tidak saja hanya sebatas menyebut "Butt" saja, tetapi juga menggunakan kata-kata slang lain yang berkonotasi sama, seperti "Rump", "Ass", dan "Booty". Sepertinya tanpa saya sebutkan pun Anda sudah bisa menyebut minimal 5 lagu yang berisi kata itu atau menceritakan tentang keindahan "pantat" tersebut.

Jika Anda tidak "ngeh" lagu yang mana, maka Anda bisa dengarkan My Humps yang dinyanyikan The Black Eyed Peas, karena ini adalah salah satu lagu pop yang paling tepat sebagai contoh lagu bertemakan "pantat". Lagu yang ditulis will.i.am (salah satu angggota The Black Eyed Peas) dan terdapat di album keempat mereka - Monkey Business (2005) - ini menceritakan tentang wanita yang menggunakan keindahan dada dan pantatnya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Musik dan liriknya yang sangat sensual, ditambah lagi dengan gaya sensual dan menggoda Fergie - salah satu vokalis band tersebut - saat menyanyikan lagu ini (baik di video klip maupun di panggung), mampu membuat pria manapun sesak nafas.

Sementara lagu Baby Got Back yang ditulis dan dinyanyikan Sir Mix-a-Lot di albumnya - Mack Daddy yang dirilis tahun 1986 - ini pun merupakan salah satu lagu yang bertemakan tentang pantat. Lagu ini terbilang kontroversial karena liriknya sangat kasar dan dianggap melecehkan wanita. Begitu kasarnya lagu ini, hingga MTV pernah menolak menayangkan video klip lagu ini.

Lagu lain yang bertemakan pantat adalah : Fat Bottomed Girls (Queen), Hey Ya (Outkast), Shake Your Rump (Beastie Boys), Shake That (Eminem), Back That Ass Up (Juvenile), Butt Town (Iggy Pop), Thong Song (Sisqo), Milk Milk Lemonade (Amy Schumer), dan lain-lain.



5. LAGU BERTEMAKAN PSK 
Meski banyak orang "malu-malu", tapi ternyata ada sebagian orang yang pernah menggunakan jasa PSK (Pekerja Seks Komersial) dan mengagumi, bahkan jatuh cinta pada PSK tersebut. Yep, kondisi yang Anda kira hanya terjadi di film Pretty Women ini sebenarnya juga terjadi di dunia nyata. Hal ini tidak saja terjadi pada orang-orang biasa. Musisi yang pernah menggunakan jasa PSK pun tanpa malu-malu mengakui perasaan mereka tersebut pada sang PSK. Karena itu muncullah lagu-lagu cinta untuk para PSK.

Lagu legendaris Roxanne dari The Police, misalnya. Para penikmat lagu ini tentu mengira isi lagunya adalah tentang ungkapan cinta Sting (vokalis The Police) pada seorang gadis bernama Roxanne. Nyatanya, Roxanne itu sendiri adalah nama seorang PSK yang ditemui Sting kala dia dan anggota The Police sedang melakukan konser di Nashville Club di Paris, Perancis, bulan Oktober 1977.

Honky Tonk Women yang dinyanyikan The Rolling Stones dan dirilis pada tahun 1969 pun bercerita tentang hal yang sama. Meski Mick Jagger dan Keith Richards enggan mengakuinya, namun sudah menjadi rahasia umum kalau lagu itu bercerita tentang hubungan asmara mereka dengan beberapa wanita Penjaja Cinta Semalam waktu mereka berlibur ke Brazil akhir tahn 1968. Istilah "honky tonk" sendiri adalah bahasa slang untuk menyebut Penari Bar atau PSK.

Selain itu, lagu-lagu "cinta" untuk para PSK yang dibuat oleh musisi internasional lain adalah : 4th Time Around (Bob Dylan), Sweet Painted Lady (Elton John), Charlotte The Harlot (Iron Maiden), Jubilee Street  (Nick Cave and the Bad Seeds), There She Goes Again (The Velvet Underground), Trick of the Light (The Who), Candy's Room (Bruce Springteen), dan lain-lain.



6. LAGU BERTEMAKAN PERABOTAN RUMAH TANGGA
Atap rumah yang bocor, panci yang kotor, selokan mampet, banjir yang masuk ke dalam rumah dan merusak perabotan rumah, semuanya ternyata bisa jadi inspirasi bagi para musisi untuk membuat lagu. Banyak musisi luar negeri yang menuliskan kondisi dramatis yang terjadi dalam rumah mereka.

Our House yang dinyanyikan Madness adalah salah satu contoh lagu yang menarik bertemakan perabotan rumah tangga. Lagu ini mengisahkan tentang kondisi rumah mereka yang berantakan karena tidak terurus, sehingga mereka menyalahkan Developer rumah (lho...???) yang tidak membenahi rumah mereka dengan benar. Lagu berirama ska ini dirilis bulan November 1982 dan menjadi langsung menduduki tangga ke-5 dari UK Singles Chart di masa itu. Lagu ini pun sukses di Amerika Serikat dan duduk di 10 Besar tangga lagu Billboard Hot 100 selama beberapa minggu.

Selain itu, lagu lain yang bertemakan tentang perabotan rumah adalah : Beds Are Burning (Midnight Oil), In The Kitchen At Parties (Jona Lewie), Ring My Bell (Anita Ward), It's My House (Diana Ross), Knock on Wood (Amii Stewart), Rat In The Kitchen (UB-40), There Is A Bed (Marc Almond), Room to Move (Animotion), dan lain-lain.



7. LAGU BERTEMAKAN PARANOIA & PENYAKIT JIWA
Ketakutan berlebihan, kelainan jiwa, dan emosi tidak terkendali merupakan indikasi kuat tentang adanya penyakit mental yang diderita seseorang. Hal ini pun dialami oleh beberapa musisi, yang kemudian menuangkan ketakutan dan pikiran irasionalnya ke dalam musik.

Basket Case yang dinyanyikan Green Day adalah lagu yang Billie Joe Armstrong, vokalis dan gitaris band tersebut. Lagu tersebut menceritakan tentang perjuangannya menghadapi kepanikan tidak jelas yang dialaminya (dari diagnosa dokter di kemudian hari, Armstrong dinyatakan menderita Panic Disorder).

Selain itu, lagu lain yang mengangkat tema yang sama adalah : Somebody's Watching Me (Rockwell), Papercut (Linkin Park), Gotta Get Away (The Offspring), Life During Wartime (Talking Heads), Destroyer (The Kinks), Rock & Roll Suicide (David Bowie), Blow My Buzz (D12), dan lain-lain.



8. LAGU BERTEMAKAN ALIEN
Huh? Alien? Apa yang ingin disampaikan dari sebuah lagu tentang Alien? Apa lagu itu menggambarkan kecintaan sang musisi pada sosok Alien? Apa para Alien ngerti "lagu cinta" buat mereka itu? Well... percaya atau tidak, memang banyak musisi yang menulis lagu bertemakan Alien. Lagu mereka ada yang bercerita tentang cinta mereka pada Alien, balada Alien yang pesawatnya jatuh di bumi, para alien yang membaur dengan manusia dan hidup di bumi, Alien yang sengaja datang ke bumi untuk menyelamatkan umat manusia, hingga para Alien yang menjadi musisi untuk menyembunyikan identitas mereka.

Album The Rise and Fall of Ziggy Stardust and The Spiders From Mars (disingkat "Ziggy Stardust") adalah album kelima dari musisi David Bowie, yang mana keseluruhan lagu di dalam album ini mengetengahkan cerita tentang petualangan Alien Biseksual bernama Ziggy Stardust yang datang dari planet antah-berantah ke bumi. Lagu Starman di album tersebut lebih spesifik mengisahkan tentang petualangan Ziggy Stardust ke bumi untuk menyelamatkan manusia dari kehancuran.

Album yang dirilis tahun 1973 ini menjadi salah satu album terpopuler sepanjang masa. Bahkan menurut survei majalah Rolling Stones, album ini masuk duduk di peringkat 35 dari 50 Greatest Album Ever. Sedangkan hasil survei Q Magazine di tahun 1997 menempatkan album ini di peringkat 20 dari 24 peringkat tangga 100 Greatest Album of All Time. Dan Time Magazine memasukkan album ini dalam daftar 100 Greatest Releases Album Ever.

Selain itu, beberapa lagu lain yang bertemakan hal yang sama adalah : E.T. (Katy Perry), Mothership Connection (Parliament), Subterranean Homesick Alien (Radiohead), Rapture (Blondie), Alien Shore (Rush), Alien Nation (Scorpions), Motorway to Roswell (Pixies), Hat Too Flat (Walter Becker), dan lain-lain.



9. LAGU BERTEMAKAN TIDUR
Tidur adalah salah satu kegiatan rutin manusia yang bertujuan mengistirahatkan dan mengembalikan stamina fungsi tubuh. Tapi bagi sebagian orang, tidur adalah sebuah kenikmatan yang tiada tara dan mereka sangat suka tidur seharian dan tidak melakukan apapun. Malasnya....!!!

Dan pastinya, lagu bercerita tentang kegemaran tidur ini banyak diciptakan oleh para musisi. Selain bercerita tentang kenikmatan tidur, lagu-lagu bertemakan tidur juga banyak menceritakan tentang mimpi sang musisi kala sedang tertidur.
Sleeping with Ghosts dari Placebo (rilis : Maret 2003) adalah salah satu lagu yang cukup populer yang bertemakan tentang tidur. Lagu yang ini mengisahkan tentang sebuah hubungan persahabatan yang tidak pernah berakhir, meski salah satu dari mereka telah tiada karena toh masih bisa bertemu dalam mimpi di malam hari.

Lagu lain yang bertemakan tidur lain adalah : Sleeping with the Past (Elton John), Sleeping Annaleah (Nick Cave and the Bad Seeds), Sweet Dream (Eurythmics), Dreaming (Blondie), Sleep Dirt (Frank Zappa), No Sleep Till Brooklyn (Beastie Boys), Last Night I Dreamt That Somebody Loved Me (The Smiths), I Hate To Sleep Alone (Cher), dan lain-lain.



10. LAGU BERTEMAKAN MASTURBASI
 Masturbasi adalah sebuah tema yang terbilang cukup aneh dan tidak lazim, meski harus diakui kalau - berdasarkan survei yang dilakukan sebuah media online beberapa tahun silam - 90% pria dan 60% wanita rutin melakukannya. Meski temanya tabu bagi sebagian negara, tapi lagu bertema hal ini terbilang umum dan banyak beredar.

I Touch Myself yang dibawakan band rock Divinyls merupakan lagu yang liriknya dengan sangat terbuka dan vulgar menceritakan dengan detil pengalaman seorang wanita saat melakukan masturbasi. Lagu yang ditulis Christina Amphiett dan Mark McEntee - dua anggota Divinyls - dengan dibantu penulis lagu profesional Tom Kelly dan Billy Steinberg ini dirilis bulan Desember 1990 dan menjadi lagu populer di Australia kala itu. Lagu ini bahkan berhasil menembus tangga lagu populer Amerika Serikat dengan menduduki peringkat puncak US Billboard Hot 100 selama beberapa minggu. Beberapa musisi Amerika Serikat kemudian meng-cover lagu ini dan menyanyikan ulang lagu ini untuk album mereka.


Lagu-lagu lain yang bertemakan masturbasi adalah Longview (Green Day), Blister in the Sun (Violent Femmes), She Bop (Cyndi Lauper), Thinking About You (Radiohead), Spanked (Van Halen), He's My Best Friend (Jellyfish), Touch of My Hand (Britney Spears), Holding My Own (The Darkness), dan lain-lain.

Comments

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"