10 Aplikasi Kencan On-Line Paling Populer di Dunia

Untuk mencari kekasih atau pasangan hidup, sepertinya sudah tidak zaman lagi yang namanya "dijodohkan" atau "kencan buta" seperti yang masih ditampilkan di sinetron masa kini. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, Anda bisa mencari kekasih melalui Aplikasi Kencan On-Line.

Yep. Aplikasi smartphone ini merupakan aplikasi yang banyak digandrungi para jomblowan dan jomblowati di seluruh dunia. Beragam aplikasi kencan muncul dan menawarkan kemudahan dalam mencari kekasih atau pasangan hidup. Dari sekian banyak aplikasi kencan, ada 10 Aplikasi Smartphone yang - menurut saya - sangat menarik dan cocok untuk Anda coba. Selain karena banyak diunduh orang dari seluruh dunia, aplikasi ini pun memenangi banyak penghargaan dan apresiasi dari banyak pihak.

Jika Anda sedang jomblo saat ini dan sedang mencari kekasih, jangan ragu lagi : Unduh saja salah satu dari 10 aplikasi berikut ini. Siapa tahu, jodoh Anda ada di sana.

1.  OKCUPID
OKCupid merupakan aplikasi kencan smartphone paling populer saat ini. Menjadi salah satu dari Top 10 Dating Websites versi majalah Time pada tahun 2007, aplikasi yang dirilis Humor Rainbow Inc milik Chris Coyne, Christian Rudder, Sam Yagan, dan Max Krohn ini menawarkan metode kencan yang unik.

Setiap anggota bisa mendaftar gratis, dan kemudian menampilkan beberapa pertanyaan kuis. Mereka pun diperkenankan menjawab pertanyaan dari para anggota OKCupid. Setiap jawaban akan diolah oleh program dan nantinya akan menjadi petunjuk apakah peserta tersebut punya kesamaan dan "berjodoh". Hasilnya akan tampil dalam bentuk persentase kecocokan, dan orang yang memiliki jawaban tepat paling banyak akan dimunculkan secara publik sebagai "Top OKCupid's Most Attractive Users", menjadikan dia sebagai orang yang paling digandrungi.

Hinga akhir tahn 2010 silam, OKCupids tercatat memiliki lebih dari 3.5 juta anggota dan sedikitnya 1.3 juta orang anggotanya menyatakan menemukan pasangannya lewat aplikasi ini.



2. MATCH.COM
Bisa dikatakan situs kencan online ini merupakan salah satu situs tertua dan terpopuler hingga hari ini. Pertama kali dirilis awal tahun 1996, situs kreasi Gary Kremen dan Peng T. Ong ini menjadi salah satu situs kencan yang paling diminati. Semula situs ini hanya menawarkan kencan untuk pasangan pria dan wanita secara umum. Namun kini, dengan banyaknya kebutuhan dari pengguna di seluruh dunia, maka situs ini pun menawarkan program kencan sesuai dengan jenjang pendidikan, kenegaraan, kegemaran, hingga kencan khusus untuk komunitas Gay dan Lesbian. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk dapat memilih teman kencan mereka lebih spesifik lagi, sesuai kebutuhan dan keinginan mereka. Selain itu, Match.com memungkinkan para anggotanya untuk memilih teman kencan di luar zona wilayah negara mereka, dengan memfasilitasi kebutuhan para anggotanya untuk memilih teman kencan di negara lain, yang sesuai dengan kebutuhan yang mereka harapkan.

Kelebihan yang dimiliki oleh Match.com adalah jaringannya yang cukup luas di mana mereka memiliki kantor di 25 negara dan memberikan fasilitas kencan online dalam 8 bahasa internasional. Situs ini awalnya hanya berpusat di Dallas, Texas, Amerika Serikat. Namun kini punya 5 kantor pusat sesuai dengan region, yaitu di West Hollywood, San Fransisco, Tokyo, Rio de Janeiro, dan Beijing.



3. COFFEE MEETS BAGEL
Sejak dirilis pada tanggal 17 April 2012, situs kencan yang berpusat di San Fransisco ini menjadi aplikasi kencan smartphone paling populer dan terpilih sebagai "Best Dating Application" di ajang Top Mobile Trend tahun 2012. Di tahun yang sama pun, Majalah Time pun memasukkan aplikasi ini sebagai salah satu dari "Top 10 Best Apps for People Who Want To Fall in Love".

Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya di mana sang pengguna bisa memilih dan berinteraksi dengan beberapa calon teman kencan sekaligus, Coffee Meets Bagel membatasi para penggunanya hanya bisa berinteraksi dengan 1 anggota dan calon kencan setiap harinya. Jika masing-masing sudah punya kecocokan dan ketertarikan, maka keduanya dapat saling mengirimkan SMS untuk mengatur pertemuan "jalur darat".

Dalam mencarikan atau memilihkan pasangan, Coffee Meets Bagel bekerja sama dengan Facebook untuk mendapatkan informasi mengenai para anggotanya, dan orang-orang yang berpotensi memiliki kecocokan. Jadi ketika salah seorang pengguna memutuskan untuk memanfaatkan fasilitas Coffee Meets Bagel, secara otomatis aplikasi ini akan memunculkan profil orang-orang yang mereka dapatkan dari Facebook sesuai dengan profil dan kecocokan dengan sang pengguna, terutama orang-orang yang pernah mendapatkan "Like" dari sang pengguna.



4. EHARMONY
Aplikasi kencan ini dikhususkan bagi para pria dan wanita yang sama-sama mencari pasangan serius untuk menapaki jenjang pernikahan. Jadi jika Anda tergolong orang yang masih labil, jangan pernah coba-coba masuk situs ini. Karena bisa jadi jika orang yang berinteraksi dengan Anda di situs merasa cocok, dia akan langsung melamar dan mengajak Anda menikah. Hal ini bisa terjadi hanya dalam hitungan hari - bahkan jam - sejak Anda mendaftar. Jadi jika Anda adalah orang yang sudah tidak sabar dan buru-buru ingin menikah, situs ini sangat cocok untuk Anda.

Dirilis tanggal 22 Agustus 2000, situs yang berkantor pusat di Santa Monica, California, Amerika Serikat ini kini telah punya cabang di 150 negara. Pendiri situs ini adalah Neil Clark Warren, seorang psikologis dan penulis buku-buku motivasi tentang hubungan pria-wanita. Situs tersebut dibuat berdasarkan pengalaman Warren selama 30 tahun sebagai Konselor Pernikahan, di mana dia membuat ramalan dan kompatibilitas karakteristik pria dan wanita yang dapat disatukan dalam hubungan pernikahan. Ada ratusan kemungkinan probabilitas yang dibuatnya guna menghubungkan serta mempertemukan para anggota pria dan wanita dalam situsnya. Dengan sistem ini, maka Warren dapat memastikan semua anggotanya pasti akan klop dan dapat langsung melangkah ke jenjang pernikahan hanya dalam hitungan hari sejak berhubungan di situsnya.



5. ZOOSK
Sejak dirilis tahun 2007, situs dan aplikasi kencan online milik Shayan Zadeh dan Alex Mehr ini telah menjadi perbincangan banyak orang. Menduduki peringkat ke-29 sebagai Situs Kencan dengan bernilai jual paling tinggi versi The Wall Street Journal tahun 2011, Zoosk juga masuk dalam jajaran 50 Besar Top Venture Funded Companies.

Aplikasi ini dirilis di 80 negara dalam 25 bahasa. Zoosk diakui banyak kritikus sebagai aplikasi kencan paling kompleks yang pernah ada. Menggunakan data algoritma yang sangat rumit, Zoosk dapat mempertemukan setiap calon pasangan sesuai dengan karakter, profil, kepribadian, hobi, dan kebiasaan masing-masing. Program mereka tersebut dikenal dengan sebutan "Proprietary Behavioral Matchmaking Engine". Program tersebut juga bisa menganalisa kepribadian setiap penggunanya berdasarkan caranya menulis komentar di dalam situs Zoosk, hal-hal yang disukai sang pengguna (dilihat dari seringnya sang pengguna meng-klik atau membuka profil para anggota Zoosk). Semakin sering pengguna menggunakan fungsi-fungsi yang ada di dalam Zoosk, program ini akan semakin dapat memahami sang pengguna, sehingga nantinya dapat memberikan pilihanyang tepat sesuai "kepribadian" pengguna.



6. BADOO
Dirilis tahun 2006, situs kencan online yang berpusat di Soho, London, Inggris Raya ini kini telah punya kantor cabang di 180 negara. April 2014 silam, situs ini terpilih masuk dalam peringkat 300 Most Populer Website in The World versi Majalah Online Alexa. Situs ini sendiri sangat populer di Amerika Latin, Spanyol, Italia, dan Perancis.

Situs ini sendiri sebenarnya dibuat oleh Andrey Andreev, seorang enterprener yang tinggal di Rusia. Namun dia memilih untuk merilis situsnya di London, karena melihat peluang pengembangan situs kencannya ini ada di negara Menara Big Ben tersebut.

Secara umum, Badoo menawarkan produknya secara gratis. Meski demikian, ada beberapa fitur yang mengharuskan penggunanya membayar jika ingin menggunakan fitur tersebut. Para pengguna bisa secara gratis mengunduh foto dan video mereka, serta bercakap-cakap dengan pengguna lain. Mereka pun bisa mencari orang-orang yang berada di lingkungan terdekat (dengan menggunakan fitur "People Nearby") atau mencari orang di luar kota / luar negeri (fitur "Search").

Pengguna baru dikenakan biaya manakala mereka ingin melihat profil pengguna lain secara detil (misalnya kepribadiannya, hobi, alamat, foto-foto pribadi, dan lain-lain). Pengguna pun dikenakan biaya manakala dia ingin mempromosikan dirinya sendiri di situs tersebut, guna menarik perhatian lawan jenis (fitur "Rise Up"). Selain itu, ada juga fitur-fitur berbayar lain seperti "Super Powers" (menelusuri siapa saja yang ingin menemui mereka, dan siapa saja yang membaca / menanggapi pesan yang dikirimnya), dan "Secret Comments" (khusus untuk wanita yang ingin meninggalkan pesan khusus dan pribadi kepada pengguna yang disukainya).



7. PLENTY OF FISH
Plenty of Fish (POF) merupakan situs kencan yang sangat populer di Kanada, Inggris, Irlandia, Australia, Brazil, dan Amerika Serikat. Dirilis sejak tahun 2004, situs yang dibuat oleh Markus Frind (yang juga CEO dari PlentyOfFish Media Inc.) ini sebenarnya menawarkan layanan kencan yang sangat umum dan tidak terlalu khusus seperti situs-situs sejenis lainnya yang sudah saya ulas di atas. Satu hal yang menjadi "daya tarik" dari situs ini adalah seringnya situs ini menjadi sponsor dari berbagai konser dan musik video artis-artis ternama. Tercatat Lady Gaga, Natasha Bedingfield, Ke$ha, Flo Rida, Akon, Jason Derulo, dan Britney Spears pun pernah disponsori POF, dan tampil di konser maupun beberapa video musik mereka.

Pada Januari 2011, POF pernah tersandung masalah ketika media berhasil mengungkapkan kalau POF membocorkan identitas dan password lebih dari 30 juta penggunanya, dengan tujuan untuk bisa mengetahui data rahasia para pengguna yang akan mereka gunakan untuk mencomblangi para pengguna tersebut. Cara ini tentu saja sangat tidak etis dan merupakan tindakan kriminal, sehingga POF kemudian menjalani proses pengadilan.

Pasca kejadian tersebut, POF kemudian mengubah format situs mereka dan mengimplementasikan algoritma baru yang memungkinkan para penggunanya mendapatkan "hubungan yang lebih berarti" saat menjadi pengguna POF. Meski demikian, POF sempat mendapatkan kritikan kembali karena menyomblangi para penggunanya yang memiliki perbedaan usia lebih dari 15 tahun.



8. GRINDR
Nah, ini aplikasi kencan online yang terbilang sedikit radikal dan ekstrim. Secara terbuka, situs yang dirilis Nearby Buddy Finder, LLC pada tanggal 25 Maret 2009 ini disebutkan sebagai situs yang dikhususkan untuk kaum gay dan biseksual. Aplikasi ini pertama kali dirilis di iTunes App Store dan merupakan aplikasi kencan gay pertama yang dirilis di dunia. Aplikasi ini langsung menjadi salah satu aplikasi paling populer di lingkungan kaum gay dan menjadi salah satu aplikasi smartphone yang paling banyak digunakan di 192 negara.

Berbeda dengan aplikasi kencan yang ada, Grindr tidak menyediakan fasilitas informasi apakah berita (message) yang dikirim pengguna sudah dibaca atau tidak oleh penerima berita. Selain itu juga tidak ada aplikasi pendukung yang dapat membantu para pengguna mengetahui siapa saja yang sudah pernah melihat foto atau video yang mereka unduh.

Di bulan Agustus 2014, Grindr membuang informasi alamat dan nomor kontak para penggunanya setelah mereka menemukan informasi tersebut digunakan pihak kepolisian Arab Saudi untuk menangkapi para gay di negara tersebut.

Meski kehadirannya masih kontroversi dan ditolak di banyak negara, namun banyak orang yang memuji aplikasi ini. Hal ini terbukti dari berbagai penghargaan bergengsi yang diterima aplikasi Grindr seperti "Best Mobile Dating App" di ajang iDate Awards 2011, "Best Location Application" 5th Annual Crunchies Awards Ceremony (2012), dan 12 penghargaan sekaligus di ajang Dating Industry & Internet Dating Conference (2012) yang berlangsung di Miami, Amerika Serikat.



9.QUACKQUACK.IN
Situs dan aplikasi kencan online ini terbilang cukup populer di seluruh dunia, terutama di Asia. Dirilis tahun 2007 di India, aplikasi hasil kreasi Ravi Mittal, Anoop Ramnathan, Capt Ahmed, dan Kunal Shah ini langsung mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para pemuda di negara tersebut, dan kini merebak di negara Asia yang lain seperti Singapura, Malaysia, dan Brunnei.

Metode "mencari jodoh" yang digunakan dalam situs ini sebenarnya terbilang sederhana. Para pengguna hanya cukup mendaftar, lalu melihat-lihat profil dan foto para pengguna lain. Jika cocok, mereka tinggal mengirimkan pesan pribadi atau mem-"ping" pengguna tersebut. Jika direspon, maka mereka bisa bercakap-cakap secara pribadi



10. HOWABOUTWE
HowAboutWe adalah satu "paket" aplikasi kencan online yang dibuat oleh perusahaan HowAboutWe milik Aaron Schildkrout dan Brian Schechter. Adapun "paket" tersebut terdiri dari 4 produk yang dapat dipilih salah satu atau semuanya oleh pengguna aplikasi : HowAboutWe Dating, HowAboutWe for Couples, HowAboutWe Media, dan You&Me.

HowAboutWe Dating merupakan aplikasi yang idenya adalah memberikan kebebasan kepada pengguna (yang masih jomblo) untuk mengungkapkan idenya tentang berkencan dengan cara menyelesaikan kalimat yang tampil di aplikasi tersebut, yaitu "How About We ...". Siapapun yang setuju dan merespon ide tersebut, dapat dianggap sebagai calon pasangan bagi jomblo tersebut.

HowAboutWe for Couples merupakan aplikasi yang memberikan fasilitas kepada pasangan kekasih untuk mengatur rencana kencan mereka.

Kedua aplikasi di atas tersedia sebagai aplikasi gratis yang tersedia untuk iPhone, Android, dan iPad.

Sedangkan HowAboutWe Media merupakan informasi online tentang cinta, budaya, dan menjalin hubungan dengan pasangan. Bentuknya bisa berupa bacaan, diskusi, maupun kesaksian. Situs ini bekerja sama dengan media online seperti Nerve.com, TheDateReport.com, Swimmingly.com, dan Famously.com.

Dan terakhir adalah You&Me yang merupakan aplikasi baru (dirilis Mei 2014) dan merupakan aplikasi Messaging (Pengirim berita sejenis SMS, BBM, YM, dan sejenisnya). Aplikasi ini memungkinkan setiap pasangan dapat mengirimkan pesan cinta, gambar-gambar lucu, foto, bahkan berkomunikasi langsung.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"