10 Video Game Legendaris yang Paling Sulit Ditamatkan

Sejak Atari - sebuah perusahaan game terkemuka asal Jepang, kini bernama Atari Inc. - sukses mempopulerkan video games Pong di tahun 1972, permainan elektronik tersebut mulai menjadi salah satu produk hiburan yang paling banyak dicari dan dimainkan orang. Orang-orang rela menghabiskan waktunya berjam-jam untuk memainkan, hingga menamatkan game yang dimainkannya.

Dengan berkembangnya dunia game, banyak game mutahir baru bermunculan. Konsepnya masih tetap sama : Meningkatkan adrenalin pemain dengan "menantang" mereka agar bisa mengalahkan musuh dalam game tersebut. Tidak banyak orang yang bisa menuntaskan semua game itu. Selain dibutuhkan kecerdasan berpikir, juga kegesitan dan kecepatan gerak agar bisa menuntaskan game yang mereka mainkan.

Meski sudah banyak game yang dirilis, tapi ternyata ada banyak game lawas yang hingga hari ini masih bikin penasaran banyak orang. Selain permainannya sangat mengasyikkan, sulitnya menuntaskan permainan itu menjadi "candu" bagi orang-orang yang sudah kepincut dan berupaya untuk menyelesaikannya hingga tamat. Bagi sebagian orang, masa menamatkan game lawas itu sudah tinggal sejarah, dan sudah "move on" ke game yang lebih baru. Tapi bagi sebagian lagi - yang masuk golongan gamers sejati - permainan itu belum selesai, dan hingga hari ini mereka berjuang menuntaskan apa yang sudah mereka mulai bertahun-tahun yang lalu.


Dan berikut ini adalah daftar 10 Video Games Lawas yang diakui para gamers sejati sebagai game legendaris paling sulit untuk ditamatkan, dan hingga hari ini mereka masih berjuang untuk menaklukkannya. Game apa sajakah itu? Apakah Anda pernah menamatkannya?


1. CASTLEVANIA
Game yang juga dikenal dengan judul Akumajo Dracula (Devil's Castle Dracula) ini pertama kali dirilis di Jepang pada tanggal 26 September 1986. Game yang dibuat dalam versi FDS untuk konsol permainan Nintendo Entertainment System (NES) ini merupakan game yang mengangkat tema mahluk-mahluk supranatural dari mitologi Barat, seperti Werewolf, Medusa, Mumi, Frankenstein's Monster, Grim Reaper, dan Dracula. Begitu suksesnya game ini, hingga hari ini telah dibuat dalam beberapa sekuel, serta dirilis untuk berbagai konsol, termasuk untuk smartphone.

Meski sudah dibuat dalam berbagai versi, namun banyak penggemarnya menilai, Castlevania versi pertamalah yang merupakan versi tersulit. Tidak hanya sulit, versi ini juga menampilkan unsur hiburan yang menarik dan jauh "lebih sederhana" dibandingkan versi sekarang yang sudah sangat kompleks serta terlalu banyak unsur horornya. Jadi meskipun sangat sulit untuk dituntaskan, permainan ini selalu bikin penasaran para pemainnya untuk main dan main lagi.


2. GHOSTS 'N GOBLINS
Dikenal juga dengan nama Makaimura (魔界村 ). Sejak pertama kali dirilis tanggal 19 September 1985, game produk Capcom ini sudah dikenal dan disebut sebagai game paling sulit diantara semua game arcade yang ada. Hingga hari ini pun game ini masih disebut sebagai game tersulit yang tidak mungkin bisa ditamatkan.

Game dengan platform permainan 2-Dimensi ini bercerita tentang Sir Arthur yang bertugas menyelamatkan Putri Prin-Prin yang diculik oleh Satan, Raja dari Dunia Iblis. Untuk bisa menyelamatkan sang putri, Sir Arthur yang berpakaian baju jirah putih harus mengalahkan zombie, ogre, hantu, cyclops, naga, dan monster-monster yang lain. Senjata yang dibawanya adalah tombak. Nantinya, dia akan mendapatkan senjata lain yang lebih kuat untuk mengalahkan para musuhnya.

Para pemain nyaris mustahil untuk bisa menamatkan permainan ini, karena semua mahluk - yang merupakan pengikut Satan - muncul dengan sangat cepat dari berbagai arah. Semakin mencapai level terakhir, gerakan mereka semakin cepat dan jumlahnya semakin banyak. Jika berhasil berhadapan dengan Satan di babak akhir, namun kalah, maka sang Pemain akan terlempar ke level awal kembali. Fiuh.... benar-benar bikin frustrasi main gaya gini .....


3. CONTRA
Game ini merupakan game yang sangat fenomenal berkat "kode rahasia legendaris"-nya yang memungkinkan sang karakter mendapatkan "nyawa tanpa batas". Masih ingat kan kodenya? Tekan tombol controller : Atas-Atas-Bawah-Bawah-Kiri-Kanan-Kiri-Kanan-A-B-Start. Dengan demikian, Anda dapat bermain sepuasnya tanpa kuatir "nyawa" Anda habis.

Meski sudah mendapatkan "kemudahan" seperti itu, jangan pernah harap Anda bisa tiba di level terakhir dan menamatkan game ini. Game yang pertama kali dirilis tanggal 20 Februari 1987 oleh Konami - dan kini telah menjadi game legendaris yang terus dibuat dalam berbagai versi untuk berbagai konsol - menjadi game yang tersulit dan tidak pernah berhasil ditamatkan oleh siapapun.

Keunggulan permainan ini adalah grafiknya yang sangat bagus, serta kemudahan memainkan permainan ini berdua secara simultan, sehingga bisa saling membantu. Meski demikian, satu hal yang paling merepotkan dalam permainan ini adalah rentetan peluru yang ditembakkan musuh. Seringkali tembakan itu ke seluruh bagian layar dan sangat tidak realistis, sehingga tidak memberi kesempatan sedikit pun pemainnya untuk bisa menghindar. Jadi, meski "nyawa" Anda tidak terhingga, tapi kalau tidak pernah ada kesempatan untuk lolos dari tembakan lawan, apa gak bikin frustrasi tuh?



4. SUPER MARIO BROS : THE LOST LEVELS
Sejak muncul pertama kali di game Donkey Kong (9 Juli 1981), karakter Mario menjadi sangat terkenal. Tidak heran, Nintendo kemudian membuatkan game khusus untuk karakter ini berjudul Mario Bros (rilis : 14 Juli 1983), dan sukses besar. Kemudian Nintendo membuatkan sekuelnya, Super Mario Bros, yang kelak menjadi game memorabel hingga hari ini.

Game yang dirilis konsol Nintendo tanggal 3 Juni 1986 dalam platform 16-bit ini punya beberapa nama saat dirilis : Super Mario Bros 2, Super Mario Bros For Super Players, dan Super Mario All-Stars. Dalam game ini, pemain bisa memilih untuk memainkan Mario atau Luigi (saudara Mario). Tugas mereka cukup sederhana : masuk ke Kerajaan Jamur, mengalahkan musuh, dan menyelamatkan Putri. Meski terkesan "mudah", tapi nyatanya game ini sangat sulit dan hingga hari ini, masih diakui para gamers, sebagai game tersulit yang pernah mereka mainkan. Meski demikian, game ini membuat penasaran para pemainnya, sehingga mereka terus-menerus berusaha menamatkannya.

Game ini tidak saja membuat penasaran, tetapi juga membuat para pemainnya kecanduan dan tidak bisa berhenti bermain. Guna menghindari kecanduan pemainnya yang makin parah, Nintendo - USA secara khusus memutuskan untuk memblokir dan menarik permainan ini dari Amerika Serikat.



5. BATTLETOADS
Permainan ini cukup populer di tahun 1990-an. Diproduksi oleh Rare Studio,video game ini dibuat untuk konsol Nintendo. Pertama kali dirilis dalam bentuk video game pada tahun 1991 (dan film animasi tahun 1992), Battletoads dibuat sebagai saingan game dan serial animasi Teenage Mutant Ninja Turtles yang kala itu sedang "booming".

Meski dipuji sebagai video game paling mutahir pada zamannya karena menggunakan grafik yang canggih (meski masih menggunakan platform konsol 16-bit), Battletoads diakui banyak pihak sebagai video-game yang paling sulit ditamatkan, bahkan buat gameris paling berpengalaman sekali pun. Sulitnya medan dalam setiap level, membuat para pemain sangat mustahil untuk bisa melewati levelnya. Karena sulitnya menyelesaikan permainan ini, banyak pemain yang berhenti bermain di tengah jalan.



6. PUNCH OUT !!
Video game yang dikenal juga dengan nama Mike Tyson's Punch Out !! ini merupakan permainan bergenre olah raga tinju yang dirilis oleh NES. Dirilis pertama kali pada bulan Oktober 1987, video game ini langsung menarik perhatian banyak orang. Salah satu alasannya karena Musuh Terakhir dari game ini adalah Mike Tyson, yang waktu itu dikenal sebagai Juara Dunia yang tidak terkalahkan.

Seperti pertandingan tinju pada umumnya, game ini merupakan pertandingan tinju antara pemain dengan para petinju profesional dalam game. Di game ini, pemain memainkan seorang karakter bernama Little Mac, petinju bertubuh kecil dengan pukulan dan gerakan yang sangat terbatas. Berkat tubuhnya yang kecil, dia diuntungkan dapat bergerak lebih lincah sambil melayangkan beberapa pukulan ringan dan keras kepada para lawan bertinjunya yang rata-rata bertubuh raksasa.

Meski merupakan permainan yang sangat mengasyikkan, namun para gamers bakal frustrasi karena tidak akan pernah bisa mengalahkan Mike Tyson yang merupakan "musuh" terakhir di game ini. Tyson tidak pernah memberikan kesempatan sedikit pun pada Little Mac untuk menyerangnya, karena dengan "kejam" dia akan melayangkan beberapa pukulan, dan hanya dalam hitungan detik - bahkan sebelum pemain menyadarinya - Little Mac sudah TKO tanpa mampu memberikan perlawanan sedikit pun. Hingga hari ini, belum pernah ada orang yang bisa menamatkan game yang mustahil ini.



7. ZELDA II : THE ADVENTURE OF LINK
Salah satu video game bergenre RPG (Role-Played Games) yang paling populer di era 1980-an adalah The Legend of Zelda. Produk Nintendo yang bekerja sama dengan Capcom, Vanpool, dan Greezo ini memadukan unsur petualangan, pertempuran, dan penyelesaian teka-teki. Hingga hari ini, The Legend of Zelda telah dibuat sebanyak 16 seri untuk konsol Nintendo, Wii, dan Nintendo-DS.

Dari semua seri, Zelda II : The Adventure of Link diyakini para gamers sebagai seri Zelda tersulit yang pernah dibuat. Seri ini merupakan lanjutan petualangan Link dalam tugas penyelamatan Princess Zelda yang tertidur karena terkena teluh sihir.

Video games ini pertama kali dirilis tanggal 14 Januari 1987 dan menjadi salah satu game paling sukses dan laris di masa itu. Hal menarik dalam permainan ini adalah selain diberi 3 "nyawa", pemain dapat menyimpan maksimal 3 permainan Zelda yang berbeda dalam kartu memori. Meski demikian, permainan baru bisa disimpan setelah gamers menamatkan level yang dimainkannya. Hal ini cukup menyebalkan, karena butuh waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikan sebuah level, dan menyimpan permainan di kartu memori. Belum lagi banyaknya area berbentuk jalan labirin yang selalu menjebak para pemain (terutama di Dark Maze di Death Mountain). Nyaris tidak satu pun pemain yang pernah berhasil lolos dari jalan labirin itu, yang membuat gamers menyerah untuk menyelesaikan permainan ini.



8. MEGA MAN
Dikenal juga dengan nama Rockman (Rokkuman) di Jepang, video game produksi Capcom yang diperkenalkan pertama kali pada tanggal 17 Desember 1987 ini telah menjadi salah satu game paling populer dan terlaris di dunia. Hingga tanggal 31 Desember 2010, game yang telah dibuat dalam 10 seri ini telah terjual hingga 21 juta kopi di seluruh dunia.

Dari semua seri yang telah dibuat, Mega Man Pertama (dikenal pula dengan sebutan "Mega Man Original Series") merupakan game yang tersulit. Beberapa media dan kritikus game - seperti AllGame, Nintendo Power, 1UP.com, dan IGN - menyebutkan bahwa bagian tersulit dari game ini adalah mengalahkan setiap "Boss" agar bisa melangkah ke level berikutnya. Begitu sulitnya, banyak dari mereka yang menyatakan kefrustrasiannya karena sulitnya melewati setiap level yang ada dalam game tersebut.

Mega Man seri selanjutnya bisa dikatakan sudah "jauh lebih mudah", mengingat karakter ini sudah punya senjata-senjata dasyat, sehingga bagi sebagian besar gamers, permainan tersebut hanya cocok untuk "anak SD".  Kalau mau disebut Jagoan, coba mainkan versi pertamanya .....



9. DR. JEKYLL AND MR HYDE
Sebenarnya banyak versi game ini yang sudah dibuat. Tapi yang dianggap paling sulit adalah veri pertama yang dirilis pada tahun 1988. Berjudul lengkap Jekyll Hakase no Homa ga Toki (ジーキル博士の彷魔が刻 ), video game yang dirilis Nintendo Entertainment System (NES) pada tanggal 8 April 1988 ini merupakan game berbentuk "side scrolling action" (pemain memainkan karakter yang bergerak ke samping kiri atau kanan).

Bagi sebagian gamers masa kini, game yang terdiri dari 6 level ini terbilang permainan "anak kecil", karena dalam permainan ini gamers berperan sebagai Dr Jekyll yang berjalan dan harus menghindari halangan atau musuh tertentu. Sesekali dia harus menendang atau memukul musuh. di sudut atas layar terdapat "Life Meter" dan "Anger Meter". "Life Meter" akan terus berkurang jika Dr Jekyll menabrak benda atau dipukul musuh. Jika "Life Meter" kosong, maka Dr Jekyll pun kalah. Sebaliknya, setiap kali berhasil mengalahkan musuh atau menghindari benda, "Anger Meter" akan terus naik. Jika penuh, maka Dr Jekyll akan berubah menjadi Mr Hyde.

Meski terkesan mudah, namun faktanya, game ini sama sekali tidak semudah yang diduga. Salah satu kesulitannya adalah respon gerak karakter masih sangat lambat (maklum, game ini dibuat dalam platform 8-bit). Akibatnya, meski pemain sudah menekan tombol lombat, dibutuhkan waktu beberapa detik bagi Dr Jekyll untuk merespon perintah tersebut. Akibatnya, nyaris tidak ada orang yang bisa menamatkan permainan ini karena "lambatnya" respon karakter yang dimainkan.

So... persoalan di game ini bukan pada sulitnya mengalahkan musuh atau teka-teki serta petunjuk yang butuh konsentrasi, tapi kemampuan koordinasi otak dan gerakan tangan gamers untuk menggerakkan karakter yang "sedikit telmi" di video game tersebut.




10. BROKEN SWORD : THE SHADOW OF THE TEMPLARS
Game PC yang dirilis pertama kali pada tanggal 30 September 1996 ini merupakan salah satu game terbaik sepanjang masa. Diproduksi Revolution Software, game petualangan ini mengisahkan perjalanan George Stobbart - seorang turis Amerika - yang melakukan kunjungan wisata ke Paris. Tidak disangka, perjalanannya justru menjadi sebuah perjalanan menegangkan, yang membuatnya harus memecahkan teka-teki rencana konspirasi besar yang membahayakan Eropa dan Timur Tengah.

Permainan ini mendapatkan pujian dari para kritikus games, terutama pada alur cerita, rangkaian teka-teki, metode permainan, serta musik. Game ini juga memenangkan berbagai penghargaan internasional dan menjadi salah satu game paling laris di tahun 1996 di mana game ini terjual lebih dari 1 juta copy sepanjang tahun itu.

Selain dirilis untuk PC ber-operating system Microsoft Windows, Linux, iOS, Android, Palm OS, Windows Mobile, dan Mac Os, game ini juga dirilis untuk konsol PlayStation dan Nintendo, termasuk Game Boy Advance, dan Nintendo DS.

Salah satu bagian dalam permainan ini yang dianggap gamers dunia sebagai bagian paling sulit untuk dilewati adalah bagian yang dikenal dengan nama "The Goat Puzzle", "The Infamous Goat Puzle", "The Wreched Goat", "The Goat of Lochmarne", atau "The Goat".  Para gamers akan menemukan bagian ini saat sudah tiba di Irlandia dan memasuki sebuah Kastil bernama Lochmarne.

Dalam permainan ini, gamers yang berperan sebagai George Stobbart harus dapat memasuki sebuah lubang bawah tanah yang terletak di bawah kastil Lochmarne. Masalahnya, lubang itu dijaga oleh seekor kambing buas yang setiap saat akan menanduk Stobbart. Banyak kritikus menilai kalau bagian ini merupakan bagian paling menantang dari seluruh rangkaian teka-teki yang ada di game Broken Sword. Tidak banyak gamers handal yang mampu melewati bagian ini. Meski sudah dibuat "lebih sederhana" di seri "The Shadow of the Templars" (Director's Cut Version) yang dirilis tahun 2009, tetap saja tidak banyak orang yang mampu melewati bagian itu.

Karena kerumitannya, majalah Computer and Video Games menyebut teka-teki "The Goat Puzzle" sebagai "teka-teki paling berat" (the hardest puzzles). Sedangkan Official Nintendo Magazine menyebutkan bagian dari game Broken Sword ini sebagai bagian yang dapat membuat pemainnya frustrasi hingga berkeringat dingin. Bahkan para gamers Eropa sempat stres saat mencoba versi terbaru Broken Sword : The Shadow of the Templars yang dirilis di bulan Agustus 2014 dalam Game Developers Conference. Sakin stresnya, mereka menyebut "The Goat Puzzle" dengan sebutan "That Fucking Goat!".







Comments

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"