10 Artis Hollywood Yang Meninggalkan Dunia Keartisan Untuk Bekerja Sebagai Staf Kantoran

Tidak selamanya dunia keartisan adalah dunia glamor yang dapat memberikan kenyamanan lewat kekayaan, nama besar, dan sanjungan. Seringkali dunia keartisan penuh dengan skandal, kehebohan, dan sorotan, yang membuat para artis hidup dalam ketidaknyamanan, dan - seringkali - kehilangan jati diri serta kebebasan sebagai diri sendiri. 

Tidak heran jika banyak artis yang karirnya sedang bersinar, kemudian memilih mundur dari dunianya, lalu beralih profesi sebagai orang kebanyakan : Karyawan Kantoran atau berbisnis di bidang usaha yang tidak ada hubungannya dengan dunia hiburan. Berikut ini adalah sejumlah artis yang memilih beralih profesi pada saat karirnya sedang gemilang. Semuanya tidak menyesal dengan langkah yang mereka ambil, dan justru lega karena berhasil lepas dari sorotan kamera, kejaran paparazi, serta berita miring yang sangat mengganggu privasi hidup mereka.


1. MARA WILSON
Mara Elizabeth Wilson adalah mantan artis cilik yang sangat populer di tahun 1990an. Penonton mengenalnya sebagai Natalie Hillard di film Mrs Doubtfire (1993), Susan Walker di Miracle on 34th Street (1994), dan gadis kecil menggemaskan Matilda Wormwood di film Matilda (1996). Film terakhir merupakan filmnya yang paling populer, dan membuatnya dianugrahi Young Star Award untuk kategori Best Performance by a Young Actress in a Comedy Film.

Mara Wilson (dulu)

Mara Wilson (sekarang)
Meski karirnya cukup baik di masa itu, pada tahun 2012, Mara memutuskan untuk mundur dari dunia keartisan karena menganggap dunia film sudah tidak menarik lagi dan dia ingin melakukan sesuatu yang jauh lebih kreatif untuk dirinya sendiri. Saat ini Mara bekerja sebagai staf di Publicolor, sebuah perusahaan non profit di bidang penelitian psikologi efek pada warna. Selain itu, Mara juga aktif sebagai penulis novel dan naskah drama. Salah satu naskah dramanya yang telah dipublikasikan dan dipentaskan di panggung Broadway adalah "Sheeple".



2. JONATHAN LIPNICKI
Anda pasti ingat dengan anak kecil imut yang menggemaskan ini. Dia tampil sangat memukau sebagai si kecil jenius Ray Boyd yang memotivasi Tom Cruise di film Jerry Maguire dan sebagai George Little - kakak si tikus Stuart Little - di film Stuart Little (1999). Kala itu usianya baru 9 tahun, namun namanya sudah dikenal dunia.
Jonathan Lipnicki : Dulu (kiri) & Sekarang (kanan)
Di usia yang saat ini 24 tahun, Jonathan sudah tidak lagi berminat untuk bermain film. Selain sedang menyelesaikan kuliahnya, Jonathan kini telah bekerja sebagai pembicara untuk beberapa perusahaan non-profit seperti Breast Cancer Research Foundation, Juvenile Diabetes Research Foundation, Starlight Children's Foundation, dan NBA's Read to Achieve. Selain itu, Lipnicki juga menjadi pelatih Mixed Martial Arts dan punya sasana berlatih sendiri.



3. MARY BADHAM
Dia adalah artis yang paling terkenal di tahun 1962 berkat perannya sebagai Jean Louise "Scout" Finch di film To Kill A Mockingbird (1962). Berkat perannya itu, dia mendapatkan nominasi Best Supporting Actress di Ajang Academy Award. Saat itu dia berusia 10 tahun dan menjadi aktris termuda yang pernah dinominasikan di ajang Oscar untuk kategori tersebut.
Mary Badham : Dulu (kiri) & Sekarang (kanan)
Sejak tahun 1968 hingga hari ini, Badham sudah tidak lagi aktif bermain film dan memilih menjadi di museum sebagai "Art Restorer" (petugas restorasi yang memperbaiki barang seni yang rusak). Selain itu, dia juga menjadi Koordinator Ujian di Perguruan Tinggi Amerika Serikat.



4. NICOLE EGGERT
Penonton di era 1990-an mengenalnya sebagai Summer Quinn, salah satu  gadis seksi penjaga pantai di serial televisi Baywatch (Season 3 - 4). Pasca Baywatch, Eggert masih tampil dalam berbagai serial televisi dan film layar lebar seperti Married.... with Children, The Real Gilligan's Island, dan lain-lain.
Nicole Eggert : Dulu (kiri) dan Sekarang (kanan)
Kegiatannya di dunia artis berakhir pada tahun 2014, saat Eggert memutuskan untuk mundur dari dunia yang membesarkannya itu dan beralih profesi menjadi Operator Truk Es Krim. Usaha yang dirintis bersama suaminya itu baru berjalan kurang dari setahun, dan dia sangat menikmati aktivitas ini karena unik, menyenangkan, dan inovatif.



5. DYLAN & COLE SPROUSE
Dua bersaudara kembar yang dikenal dengan nama Sprouse Brothers atau Sprouse Bros ini sering tampil bersama dalam berbagai film komedi. Seringkali mereka tampil bergantian memerani sebuah peran yang sama. Penampilan mereka mulai mendapat perhatian saat tampil sebagai Julian McGrath, anak nakal Adam Sandler yang super nakal dan jahil di film Big Daddy (1999). Sejak itu, wajah mereka yang menggemaskan selalu tampil di film-film komedi populer seperti I Saw Mommy Kissing Santa Claus (2001), Eight Crazy Nights (2002), Apple Jack (2003), The Kings of Appletown (2009), dan lain-lain.
Dylan & Cole Sprouse : Dulu (kiri) dan Sekarang (kanan)
Kesuksesan yang sedemikian cepat ternyata tidak membuat kedua saudara kembar ini merasa nyaman, sehingga pada tahun 2010, mereka memutuskan untuk mundur dari dunia selebritis dan hidup menjadi orang biasa. Pasca keputusan tersebut, kedua saudara kembar ini melanjutkan kuliah ke New York University di mana Dylan mengambil Jurusan Studio Art dan Cole jurusan Fotografi.

Pertengahan tahun 2011, Cole meluncurkan situs fotografinya bernama Cole Sprouse Photography, sementara Dylan sejak tahun 2013 telah bekerja sebagai salah seorang staf New York City Restaurant.



6. MICHAEL SCHOEFFLING
Aktor tampan ini adalah aktor populer yang memerani karakter Joe Perretti yang konyol di film Mermaids (1990) bareng Cher, Winona Ryder, dan Christina Ricci. Sebelumnya, dia sudah dikenal berkat perannya sebagai Jake Ryan di film Sixteen Candles (1984). Berkat perannya itu, Schoeffling banyak mendapatkan kesempatan untuk bermain di film-film komedi seperti Vision Quest (1985), Let's Get Harry (1986), Slaves of New York (1989) dan lain-lain).

Michael Schoeffling (dulu)

Michael Schoeffling (sekarang)
Meski terbilang aktor yang sukses di masanya, Schoeffling kemudian memutuskan untuk berhenti berakting pada tahun 1991 dan menjadi pengusaha mebel dan kerajinan kayu. Dibantu istrinya yang mantan model Valerie L. Robinson, mereka membuka usaha mebel yang cukup suskes di Newfoundland, Pennsylvania.



7. JEFF COHEN
Pada tahun 1985, ada film petualangan anak-anak yang sangat populer berjudul The Goonies. Film layar lebar arahan sutradara Richard Donner dan diproduseri Steven Spielberg itu sukses di seluruh dunia dan mempopulerkan aktor anak-anak di film itu, termasuk Jeff Cohen yang memerani karakter Chunk di film tersebut.
Jeff Cohen : Dulu (kiri) & sekarang (kanan)
Cohen yang kala itu berusia 11 tahun sontak menjadi super-star yang mendapatkan banyak kesempatan untuk bermain film layar lebar dan serial televisi. Meski demikian, dunia keartisan ternyata tidak menyilaukan mata Cohen, karena dia kemudian memutuskan berfokus pada pendidikan dan berhenti berakting. Film terakhir yang diperaninya adalah Perfect Harmony (1991) dan setelah itu, dia berhenti total bermain film. Keputusannya terbukti tepat, karena dia berhasil menamatkan pendidikannya di University of California, Berkeley (1996) serta Haas School of Business (1996), dan kini telah menjadi seorang Pengacara sukses. Cohen kini bekerja di firma pengacaranya sendiri bernama Cohen & Gardner LLP yang berlokasi di Los Angeles, California.




8. PHOEBE CATES
Para pria yang masa mudanya di tahun 1980-an pasti kenal Phoebe Cates. Dia adalah aktris cantik paling sempurna yang paling diimpikan banyak pria di masanya. Namanya mulai populer saat bermain film Fast Times at Ridgemont High (1982), yang langsung membuat namanya bersinar dan diidolakan pria seluruh dunia. Banyak film drama remaja (juga ada film horor seperti Gremlins produksi tahun 1984) yang diperani Cates selama tahun 1980-an hingga pertengahan 1990-an. 
Phoebe Cates : Sekarang (kiri) & Dulu (kanan)
Pasca memerani film terakhirnya, Princess Caraboo (1994), Cates memutuskan untuk berhenti di dunia akting dan memusatkan pikiran untuk membesarkan anak-anaknya, Owen Joseph Kline dan Greta Simone Kline, yang merupakan buah cintanya dengan aktor Kevin Kline.

Tahun 2005, Cates mulai menjalani profesi barunya sebagai pengusaha dengan membuka butik pakaian Blue Tree yang berlokasi di Madison Avenue, New York.




9. CHARLIE KORSMO
Pria kelahiran 1978 ini pertama kali muncul di layar lebar berkat perannya sebagai Dick Tracy Jr - anak adopsi yang dilindungi dan dibesarkan Detektif Dick Tracy - di film layar lebar Dick Tracy yang diperani Warren Beatty, Madonna, dan Dustin Hoffman. Perannya yang sangat lugu, membuat dia banyak disukai penonton, dan kemudian dia banyak tampil di film-film keluarga dan komedi populer seperti Peter Pan (1991), What About Bob? (1991), dan Can't Hardly Wait (1998).
Charlie Korsmo : Dulu (kiri) & Sekarang (Kanan)
Meski sukses di dunia film, Korsmo ternyata tidak berminat untuk menghabiskan hidupnya di dunia gemerlap itu. Dia lebih memilih menyelesaikan pendidikannya di Massachusetts Institute of Technology, jurusan Fisika (lulus tahun 2000) dan Yale Law School (lulus 2006).

Kini, selain bekerja di Environmental Protection Agency, Korsmo juga seorang pengajar bergelar Profesor di Case Western Reserve University School of Law yang berada di Cleveland, Ohio.



10. SHO KOSUGI
Dia adalah aktor laga yang sangat populer di era 1980-an berkat peran-perannya sebagai Ninja. Gara-gara film-film Sho Kosugi-lah, maka di masa itu banyak sekali bermunculan film-film laga bergenre Ninja. Pria kelahiran 17 Juni 1968 ini memang aslinya adalah ahli bela diri yang menguasai bela diri Ninjutsu. Selain itu, dia pun menguasai bela diri Jepang lain seperti Karate Shindo Jinen-ryu, Kendo, Judo, Kobudo, Aikido, dan Iaido.
Sho Kosugi (Dulu)

Sho Kosugi (sekarang)

Kosugi berhasil menginfiltrasi pengetahuan Ninja dan budaya Jepang ke penonton Amerika Serikat setelah filmnya berjudul Enter The Ninja dirilis tahun 1981, dan sukses besar. Sejak saat itu, demam Ninja langsung menyebar, tidak saja di Amerika Serikat tapi juga ke seluruh dunia. Karir Kosugi terus menanjak, seiring dengan kesuksesan film-film Ninja yang diperaninya dan dia sepanjang era 1980-an, seperti Revenge of the Ninja (1983), Ninja III : The Domination (1984), 9 Deaths of The Ninja (1985), dan Pray For Death (1985).

Meski tidak secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia film (terbukti dia masih bermain di film Ninja Assasin tahun 2009), Kosugi sudah sangat jarang tampil di film layar lebar dan lebih berkonsentrasi membesarkan Grup Taiko (kelompok alat musik tabuh tradisional Jepang) yang didirikannya sejak tahun 2003 di California. Selain itu, dia pun mendirikan Sekolah Akting Bela Diri Sho Kosugi Institute yang terletak di Los Angeles, California.


Comments

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"