Tren Terburuk Tahun 2013

Sepanjang tahun 2013, ada banyak tren baru yang bermunculan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tren ini bisa tren mode, makanan, atau bahkan trending topic yang jadi pembicaraan banyak orang. Ada yang baik dan menjadi populer sepanjang tahun ini. Tapi tidak sedikit yang sangat buruk dan "cukup mengganggu".

Jika artikel yang mengetengahkan hal baik sudah cukup banyak beredar, maka saya akan menampilkan daftar trend terburuk yang ada sepanjang tahun 2013 ini. Apa sajakah itu?

FENOMENA VICKYNISASI
Bahasa "Vickynisasi" merupakan bahasa gaul yang cukup populerdan menjadi tren tahun ini. Bahasa ini "dipopulerkan" oleh Vicky Prasetya, seorang pemuda yang mengaku pengusaha dan pernah menjadi tunangan Zaskia Gotik (penyanyi dangdut). Istilah "Vickysisasi" bermula bulan September 2013 silam, saat Vicky Prasetyo melakukan pertunangan dengan Zaskia Gotik.

Saat diwawancara wartawan mengenai perasaannya bertunangan dengan Zaskia, Vicky menjelaskan dengan menggunakan istilah-istilah tidak lazim dan sulit dipahami, seperti "kontroversi hati", "harmonisasi", "kudeta kemakmuran", "labil ekonomi", dan "kudeta keinginan". Awalnya, tidak ada yang menyadari ucapan Vicky tersebut. Namun beberapa hari kemudian, orang-orang mulai mencemooh bahasa Vicky yang sok intelek. Bahkan sejak diketahui melakukan serangkaian penipuan, cemoohan terhadap Vicky makin menjadi-jadi. Bahasa yang biasa digunakannya dipakai banyak orang sebagai alat olok-olok.

Beberapa kalangan - termasuk artis - mencoba menjadikan bahasa Vickysisasi ini sebagai bahasa gaul. Namun selalu berakhir konyol dan menjadi bahan ejekan media. 

Yep.... Yep.... Dengan caranya yang "mengkudeta aksara" dan "kontroversi jiwa" bahasa Indonesia, Vickysisasi adalah tren bahasa gaul terburuk di tahun 2013.


FARHAT ABBAS
Jika ada survei tentang "Siapa tokoh paling menyebalkan yang selalu menjadi headline tahun ini?", mungkin nama Farhat Abbas berada di posisi puncak survei tersebut. Pengacara ini memang belakangan ini terkenal karena kebiasaannya - yang menjadi tren - mengomentari (melalui kicauan jejaring sosial) kasus yang dihadapi para selebritis. Parahnya, komentar tersebut seringkali isinya mencibir, menuduh, menghujat, bahkan mencaci. Jelas saja ucapan-ucapannya di dunia maya tersebut menimbulkan reaksi keras, baik dari orang-orang yang dikomentarinya, maupun masyarakat luas.

Awal tahun 2013, tepatnya 9 Januari 2013, Farhat memulai sensasi buruknya dengan mengomentari plat mobil Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama dengan komentar bernada rasis. Meski ditanggapi dingin oleh Wakil Gubernur, Ketua Persatuan Islam Tionghua Indonesia - Anton Medan - dan Pimpinan Komunitas Intelektual Muda Betawi - Ramdan Alamsyah - melaporkan Farhat ke Polda Metro Jaya. Kasus ini bahkan sempat diangkat ke sebuah acara debat di televisi di mana pada akhirnya secara terbuka Farhat meminta maaf kepada Wagub Basuki Tjahaya Purnama. 

Kasus teranyar adalah bulan November 2013 silam, saat anak pemusik Ahmad Dhani - yaitu Dul alias AQJ - mengalami kecelakaan di tol Jagorawi sehingga menewaskan 9 orang. Farhat kembali mengeluarkan kicauan-kicauan yang dianggap menghina harga diri keluarga Ahmad Dhani. Akibatnya terjadi "perang" antara Ahmad Dhani dan Farhat Abbas yang berujung pada ajakan bertinju di ring yang dilayangkan Al - anak sulung Ahmad Dhani - ke Farhat.

Benar-benar tren maker terburuk tahun ini......


GOYANG CESAR
Dalam acara sahur sebuah stasiun televisi swasta di Indonesia Juli 2013 silam, ada acara yang menampilkan tarian massal yang diikuti oleh puluhan orang dipimpin seorang penari kocak bernama Cesar. Tarian yang dibawakan dengan kocak ini sebenarnya oke-oke saja, jika ditampilkannya tidak sering. Tapi apa jadinya jika acara tersebut kemudian menjadi acara rutin harian dan tarian itu juga ditarikan rutin setiap malam di televisi?

Saat pertama kali menjadi tren, keliatannya sangat menarik. Tapi makin hari justru makin membosankan. Parahnya, gaya menari rame-rame itu dibuat dengan gaya yang makin hari makin norak pula. Sepertinya semakin norak, semakin bagus untuk ditonton. Jadi alih-alih menjadi tren yang menarik, tarian yang dikenal dengan sebutan Goyang Cesar itu menjadi tren yang buruk dan membosankan.


SELFIE
Selfie adalah kegiatan melakukan foto diri sendiri, biasanya dengan cara memegang ponsel berkamera yang diarahkan kepada diri sendiri. Tingkah laku memfoto diri sendiri ini sebenarnya sudah cukup populer sejak tahun 2005 silam manakala penggunaan kamera digital sudah sangat marak dan jejaring sosial seperti Friendster, Facebook, dan Twitter baru mulai menjamur.

Sayangnya, seringkali pelaku selfie terkesan tidak tahu diri atau tau malu. Lantaran ingin eksis, mereka berfoto diri di mana sana dan kapan saja, tanpa mempertimbangkan kondisi saat itu. Inilah yang terjadi pada Presiden Barack Obama.

Tanggal 10 Desember 2013 silam, Presiden Barack Obama melakukan selfie bersama Perdana Menteri Denmark Helle Thorning- Schmidt dan Perdana Menteri Inggris David Cameron di saat acara penguburan mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela. Perilaku Presiden Barack Obama itu disayangkan banyak orang karena tidak menunjukkan rasa hormat dan berkabung beliau atas kepergian orang paling berpengaruh di dunia tersebut. Tindakan selfie di tempat orang berkabung tersebut merupakan tren paling keliru dan buruk yang terjadi tahun ini. Semoga tidak ada orang yang meniru aksi selfie yang dilakukan Presiden Barack Obama. Give some respects and peace to the dead, please......


MILEY CYRUS
Sebuah majalah luar negeri melansir nama Miley Cyrus sebagai Seleb Dunia yang menjadi topik trending terburuk tahun ini. Anak penyanyi country Billy Ray Cyrus ini sepertinya "sangat rajin" menuai kontroversi tahun ini, sehingga tidak henti-hentinya mendapatkan sorotan negatif, baik dari media massa maupun para penggemarnya.

Bulan Agustus 2013, Cyrus mengejutkan publik dengan penampilan kontroversinya di MTV Video Music Awards 2013, di mana saat berduet dengan Robin Thicke, Cyrus memegang selangkang Thicke dengan jari foam besar sebanyak dua kali. Tindakan ini menjadi pembicaraan dan cibiran banyak orang, bahkan menjadi pembicaraan paling hangat di Twitter. Setidaknya 360.000 tweet permenit terjadi membahas topik penampilan Cyrus tersebut, menjadikannya sebagai trending topik paling banyak di-tweet orang sepanjang sejarah Tweeter.


GOLD GRILLS
Tren mengenakan gigi palsu yang terbuat dari emas maupun perak melanda para seleb dunia. Madonna, Rihanna, Miley Cyrus, dan Lady Gaga adalah sebagian dari seleb dunia yang begitu bangga punya gigi emas yang menyelip di antara gigi-gigi asli mereka.

Well.... tidak salah sih. Tapi justru menimbulkan kesan kumuh, dekil, dan kampungan sekali. Bayangan di benak saya, yang biasa menggunakan gigi emas dan perak itu adalah orang-orang tua yang hidup di masa tahun 80an. Atau lebih jauh lagi, para penambang emas di masa Wild Wild West abad ke-18. Cukup mengherankan jika tren yang memperburuk penampilan para artis cantik itu malah disukai dan kini menjadi tren di kalangan masyarakat luas. Untungnya.... tren ini tidak melanda Indonesia. Bisa dibayangkan bagaimana mimik "seram" para cowok melihat para wanita yang tersenyum menyeringai dengan deretan gigi-gigi emas dan perak. (Ini cewek ABG = Anak Baru Gede atau Anak Baru Gocap ya? Halah...).


NO PANTS LOOK
Salah satu tren mode yang populer di tahun 2013 - dan menurut saya cukup kontroversial - adalah tren "no pants look". Seperti namanya, "No Pants Look" adalah tren mode pakaian di mana pakaian atasan dibuat cukup panjang ke bawah, dan menutupi seperempat atau setengah paha wanita yang mengenakannya, sehingga tampak seolah-olah wanita tersebut tidak mengenakan celana di bawahnya (atau memang tidak pakai sama sekali?). Sekilas gaya ini memang tampak kece dan seksi sekali. Tapi masalahnya konotasi buruk menjadi melekat sangat buruk kepada si pemakai pakaian karena terkesan "bitchy" dan "cheap".

Tidak heran banyak pengamat life-style berharap tren pakaian seperti ini berakhir di tahun 2013 dan tidak berlanjut di tahun depan. Bisa Anda bayangkan bagaimana pandangan kaum pria terhadap wanita jika melihat begitu banyak wanita yang berpakaian "seronok" seperti itu.















Comments

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"