10 Hal Aneh yang Bisa Anda Sewakan

Di masa sekarang, ketika bisnis sedang kurang bagus, banyak orang yang kini beralih menjalankan bisnis kreatif. Kalau di Indonesia, UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah salah satu bentuk bisnis kreatif yang bisa dilakukan. Tapi bagaimana jika Anda tidak punya modal untuk menjalankan bisnis UKM?

Jawabannya : Bisnis Sewa-Menyewa saja.

Banyak sekali barang yang Anda miliki yang bisa Anda jadikan benda untuk disewa. Tidak butuh modal besar, dan risikonya pun tidak besar, tapi hasilnya terbilang cukup bagus.

Di luar negeri, bisnis sewa-menyewa sudah menjadi hal umum dan lazim sekali. Benda yang disewakan pun bukan barang-barang biasa tapi "tidak lazim" dan aneh. Berikut ini adalah 10 benda atau hal aneh yang menjadi komoditi sewa paling populer di luar negeri. Barangkali bisa jadi ide bisnis buat Anda, mumpung belum ada orang yang melakukannya.

1. JURU TANGIS ORANG MATI
Di China, bisnis menyewakan Juru Tangis untuk orang mati sudah menjadi hal umum. Jasa mereka banyak digunakan, terutama oleh orang kaya. Tugas mereka sangat sederhana : Hanya menangis di depan peti mati orang yang meninggal. Semakin keras dan nyata nangisnya, semakin tinggi pula bayarannya.

Mereka biasanya disewa keluarga kaya untuk menangisi jenasah, seolah-olah orang tersebut adalah bagian dari keluarga orang yang meninggal. Kadang-kadang justru keluarga yang ditinggal mati sendiri tidak terlalu perduli dengan kematian anggota keluarganya tersebut.

Penyewaan Juru Tangis saat ini tidak saja hanya terjadi di China dan Hong Kong, tetapi sudah menyebar hingga ke Taiwan, Singapura, bahkan negara Eropa dan Amerika Serikat. Di negara Eropa, para Juru Tangis bahkan menggunakan aktor dan aktris profesional yang mampu menangis dengan sangat baik (tanpa terlihat sedang berakting), dan membuat para pengunjung ikut terharu serta trenyuh.



2. PENDUKUNG KAMPANYE
Jika memberikan uang kepada Pendukung Kampanye Calon Wakil Rakyat di Indonesia bisa dikategorikan sebagai "money politic", beda halnya dengan luar negeri. Bahkan di Amerika Serikat Pendukung Kampanye sudah menjadi sebuah bisnis yang cukup menggiurkan.

Pada Umumnya Pendukung Kampanye (Crowds on Demand) adalah sekumpulan orang yang bertugas mendukung seorang calon Pemimpin dalam kampanye. Orang-orang tersebut bertugas memberikan dukungan, ikut berpawai, bahkan berkumpul manakala Calon Pemimpin memberikan orasinya.

Pendukung Kampanye tersebut merupakan kelompok yang sangat terorganisir dan profesional. Mereka dibayar setiap kali ikut serta dalam kegiatan calon Pemimpin yang membayar mereka. Semakin banyak jumlah "pendukung" yang dibutuhkan serta semakin sering mereka ikut dalam kegiatan kampanye, semakin mahal pula harga jasa mereka.

Di luar negeri, kebutuhan Crowds on Demand sudah sangat meluas. Mereka tidak saja dibutuhkan untuk kampanye pemilihan pemimpin politik, tetapi juga hal lain seperti kegiatan shooting film yang membutuhkan figuran yang sangat banyak, peserta dalam acara peluncuran buku, album, serta film. Bahkan mereka juga dibayar untuk memenuhi panggung konser salah seorang penyanyi (seandainya penonton konser itu hanya sedikit. Tujuannya? Biar keliatan rame, dan sang penyanyi tidak grogi karena hanya ditonton segelintir penonton ...).



3. ANAK ANJING SEWAAN
Anda kesepian dan butuh teman? Di luar negeri, ada penyewaan anak anjing yang memberikan fasilitas menyewakan anjing sebagai teman bermain dan penghilang stres. Banyak orang yang suka binatang tetapi tidak suka memeliharanya karena malas membersihkan anjing tersebut. Karena itu, banyak orang yang kemudian menjalankan bisnis Sewa Anak Anjing (Puppies for Rent).

Anak anjing diyakini sebagai binatang yang bisa melepaskan stres. Namun demikian, untuk masyarakat perkotaan, memelihara binatang mungkin sedikit repot karena mereka tidak memiliki ruang bebas untuk binatang tersebut beraktivitas. Hal ini menjadi alasan mengapa banyak dari mereka tidak memelihara binatang, meski pada dasarnya mereka sangat suka binatang.

Dengan adanya penyewaan anak anjing, mereka bisa bermain dengan anak anjing tersebut untuk beberapa jam lamanya, sebagai cara untung menghilangkan stres. Setelah puas bermain, mereka bisa mengembalikan anak anjing tersebut. Sewa anak anjing dihitung perjam tanpa batas maksimal peminjaman.



4. KEKASIH SEWAAN 
Risih juga kalau teman-teman sudah punya kekasih tetapi kita sendiri masih jomblo. Apalagi kalau sedang ke acara-acara tertentu di mana semua teman membawa pasangan, sedangkan kita sendirian. Tentu rasanya ga enak banget.

Untuk memenuhi kebutuhan para jomblo yang butuh pasangan untuk pergi ke acara tertentu, banyak perusahaan di luar negeri yang menyediakan fasilitas Kekasih Sewaan. Para klien hanya tinggal datang ke perusahaan itu dan memilih orang yang kira-kira cocok untuk menjadi Kekasih Sewaan. Biaya penyewaannya biasanya perjam.

Untuk memberikan kondisi yang riil, Kekasih Sewaan yang telah dipilih biasanya mengambil waktu untuk mengenal lebih dalam orang yang menyewanya. Secara profesional, mereka akan meminta informasi penting tentang orang tersebut, agar saat acara nanti (jika ada yang bertanya-tanya), sang Kekasih Sewaan bisa memberikan jawaban yang pas dan tidak memalukan kliennya.

Selain bisa dibawa dalam acara tertentu (pesta pernikahan, pesta ulang tahun, acara seremonial, dan lain-lain), Kekasih Sewaan juga bisa diajak untuk berlibur ke luar negeri, bertemu orang tua, dan lain-lain. Tapi jangan harap untuk memintanya melakukan hal yang "lebih" dari sekedar teman, karena dia tidak akan bersedia, atau Anda bisa dipenjara karena melakukan tindakan tidak menyenangkan padanya.

Sebenarnya bisnis ini sudah cukup berjalan baik di Indonesia, meski masih sembunyi-sembunyi dan hanya diketahui kalangan tertentu saja. Keberadaan mereka pun masih sekedar bisik-bisik. Beberapa artis dan orang terkemuka pernah ditengarai menggunakan jasa dari Kekasih Sewaan, meski mereka selalu membantahnya.



5. PENGIRING PENGANTIN SEWAAN
Anda akan segera menikah tetapi tidak punya teman untuk menjadi Pengiring Anda di pesta pernikahan nanti? Kalau di luar negeri, bisnis penyewaan Pengiring Pengantin (Bridesmaid) sudah menjadi hal umum dan lazim. Banyak sekali perusahaan yang menyewakan jasa Pengiring Pengantin.

Bisnis demikian memang belum ada di Indonesia, mengingat masih banyak orang yang menggunakan Pengiring Pengantin dari teman terdekatnya. Tapi siapa tahu satu waktu nanti ada yang butuh....



6. PAPARAZZI SEWAAN
Jika Anda menjadi artis, mungkin hal paling tidak menyenangkan adalah dikuntit paparazzi. Meski sebenarnya sangat tidak menyenangkan, tapi ternyata ada juga orang yang suka. Di Australia, sebuah perusahaan bernama Celeb 4 A Day menawarkan jaza penyewaaan Paparazzi. Tugas sang paparazzi ini adalah menguntit kliennya dan selama sehari penuh mengabadikan foto-foto sang klien yang diambil secara sembunyi-sembunyi (layaknya paparazzi beneran).

Banyak orang yang sangat menikmati sensasi sebagai artis sehari, dan membiarkan dirinya difoto secara sembunyi-sembunyi oleh paparazzi yang mereka sewa. Bisnis ini kini menjadi sangat populer dan banyak orang yang telah menggunakan jaza penyewaan paparazzi tersebut.



7. PENGANTRI SEWAAN
Jika ingin membeli sesuatu tetapi malas mengantri, kini Anda bisa menyewa orang untuk mengantri buat Anda. Di Amerika Serikat - yang mana para penduduknya sangat tertib - mengantri adalah satu hal yang sangat menghabiskan waktu dan melelahkan. Tidak banyak orang di masa kini yang mau mengantri berlama-lama, terutama jika harus membeli tiket konser atau pertandingan olah raga.

Karena itu, muncullah beberapa perusahaan profesional yang menyewakan orang yang bisa menggakntikan Anda mengantri. Dengan biaya US$ 25 untuk jam pertama dan tambahan US$ 10 untuk setiap 30 menit berikutnya, orang tersebut tidak saja akan membantu mengantrikan, tetapi juga akan memilihkan posisi terbaik buat Anda di panggung konser atau stadium olah raga.



8. TEMAN SEWAAN
Meski dikelilingi banyak orang, ternyata banyak di antara kita yang merasa kesepian dan butuh teman untuk bisa diajak ngobrol atau jalan bareng. Di kota-kota besar di luar negeri, kondisi demikian memang sudah lama terjadi. Tatkala semua orang sibuk dengan diri mereka masing-masing, satu ketika mereka menyadari kalau mereka sebenarnya sendiri dan tidak punya teman.

Menanggapi kebutuhan akan pertemanan, banyak perusahaan penyewaan teman yang kemudian didirikan. Salah satu yang paling populer adalah perusahaan Rent A Friend (www.RentAFriend.com), yang merupakan salah satu perusahaan sangat populer di Amerika Serikat. Perusahaan ini menyediakan fasilitas penyewaan teman, mulai dari teman satu negara, maupun antar negara. Anda bisa pilih orang seperti apa yang ingin Anda jadikan teman. Sebagai seorang teman, dia dapat diajak berjalan-jalan, curhat selama berjam-jam, atau bahkan menemani Anda ke pesta dan menikmati hobi Anda.

Satu hal yang menarik adalah orang yang Anda sewa sebagai teman ini dapat menyimpan rahasia Anda (ini tertuang di dalam perjanjian kerja), sehingga Anda tidak perlu kuatir untuk menceritakan semua rahasia Anda padanya. Sistem Sewa Teman ini biasanya dihitung perjam. Tapi jika mengambil paket harian atau bulanan, harganya bisa lebih murah.



9. PEZIARAH SEWAAN
Anda ingin berziarah ke Tanah Suci tetapi malas mengikuti ritual-ritualnya yang sangat melelahkan? Tenang, di luar negeri sana ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa Penyewaan Peziarah. Seperti yang dilakukan Carlos Gil dari Portugal, dia mendirikan perusahaan bernama The Payer of Promises. Tujuannya adalah membantu para peziarah untuk melakukan kegiatan berziarah ke Tanah Suci, tapi malas untuk melakukan semua aktivitas ziarah.

Dengan membayar jasa berziarah sebesar US$ 2,500, para peziarah akan mendapatkan pelayanan berupa penuntasan prosesi berziarah dari awal hingga akhir. Membayar jasa Peziarah Sewaan bukanlah hal baru dan bukan juga hal tabu. Peziarah Sewaan justru ditengarai telah ada sejak berabad-abad silam, di mana mereka melayani keinginan para saudagar atau Raja yang ingin melakukan ziarah ke Tanah Suci tetapi terlalu malas melakukan semua prosesinya yang rumit.



10. KEBUN SEWAAN
Anda suka melihat tanaman hijau dan pepohonan rindang tapi malas untuk merawatnya? Jangan kuatir, ada fasilitas Sewa Kebun yang saat ini sedang populer di luar negeri.

Adalah Sonoma Garden Park yang berlokasi di Sonoma, Kanada, yang menawarkan fasilitas penyewaan kebun. Mereka melihat kalau banyak masyarakat Kanada sebenarnya sangat senang melihat tanaman hijau dan kebun yang rapi. Masalahnya, mereka terlalu malas untuk mengurusi kebun karena takut dengan binatang kecil di kebun seperti ulat, cacing, kupu-kupu, dan lain sebagainya. Karena itu, Sonoma Garden Park memberikan solusi dengan menyewakan kebun. Tentu saja kebun ini tidak besar dan hanya berukuran mini yang bisa dirawat tanpa membutuhkan lahan yang luas atau waktu yang banyak.

Ukuran kebun yang disediakan adalah Ukuran Single (10 x 15 inchi), Double (20 x 30 inchi), dan Triple (30 x 45 inchi). Masing-masing ukuran dibandrol dengan harga yang terbilang cukup lumayan : Single US$ 150, Double US$ 300, dan Triple US$ 450. Harga tersebut sudah termasuk perkakas berkebun, kompos, dan air. Dengan kebun mini itu, banyak orang bisa berkebun tanpa repot-repot membungkuk dan membuang daun-daun rontok.

Comments

Popular posts from this blog

10 Kata Makian Paling Populer di Dunia : Sejarah & Asal Usulnya

Film "Found Footage"... Apakah Beneran?

10 Video Klip Paling Vulgar dan "Berani"